Senin, 23 Oktober 2017 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

10:49 WIB - PT.RAPP IKUTI PERATURAN DAN PERUNDANGAN YANG BERLAKU | 10:49 WIB - Bawa Sabu -Sabu , 2 Warga Kecamatan Mandau Diringkus Buser Pinggir | 10:49 WIB - Berbagai Pihak Minta Kejaksaan Usut Pencairan Dana KONI Pekanbaru | 10:49 WIB - Sekdaprov Lepas Kontingen Kwarda Riau ke Lomba Nasional | 10:49 WIB - Pemprov Riau Sosialisasikan Transaksi Non Tunai Bersama Bank Riau Kepri | 10:49 WIB - Wow, Ratusan Kardus Rokok Ilegal Berhasil Diamankan Polsek Sungai Apit
 

Bupati Siak Drs Syamsuar Bertindak Sebagai IRUP


Bupati Siak Drs.H. Syamsuar M.Si Menjadi Inspektur upacara Hut Ri ke 72 .


Bupati Siak Drs Syamsuar Bertindak Sebagai IRUP

Kamis, 17/08/2017 | 18:03
Sempena HUT RI Ke 72

SIAK SRI INDRAPURA ( RiauGlobal )
Momen perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus, selalu identik dengan berbagai perlombaan di masyarakat. Begitu pula dengan Bupati Siak Syamsuar, ia mengaku punya pengalaman seru saat lomba lantaran sering ikut pada lomba yang diadakan.

"Dari kecil saya sudah ikut berbagai macam perlombaan, saya dulu paling sering main bola kaki, tenis meja, catur dan bulu tangkis," tuturnya usai  upacara.

Ada satu lomba yang tak pernah diikuti oleh mantan Plt. Bupati Kepulauan Meranti itu, yakni panjat pinang. "Sayo tak pernah ikut itu do, takut sayo keno pijak-pijak, paling tarik tambang dan pacu gonilah," kata Bupati sambil berseloroh.

Diakuinya  saat sekolah dulu dirinya tak pernah bertugas dalam upacara peringatan HUT RI. Menurutnya yang bertugas itu kan orang-orang pilihan, namun Bupati dua periode itu tetap memberikan semangat dan motivasi bagi para petugas upacara bendera tersebut. 

Saat ditanya apa makna peringatan HUT RI bagi dirinya? Syamsuar mengatakan, kita harus banyak mengerti tentang arti perjuangan merebut kemerdekaan. Memperingati hari kemerdekaan tidak hanya sebatas gembira dalam menyambutnya, tetapi ada makna yang terkandung didalamnya.

Pertama lanjutnya, kita mendoakan arwah para pahlawan yang telah mendahului kita. Kedua, kita bisa mengenang jasa-jasa mereka yang telah berkorban merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Ketiga, yang terpenting adalah mereka bisa kita jadikan keteladanan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Ditambahkan Syamsuar, terkait pemberian penghargaan tersebut adalah untuk memotivasi dan ucapan terima kasih atas prestasi yang  mereka raih. Semangat inilah yang kami harapkan, sehingga memacu anak-anak Siak dan masyarakat Siak untuk lebih giat lagi meraih prestasi.

Sementara Wakil Bupati Siak Alfedri, mengaku paling suka dengan lomba tarik tambang, karena mengajarkan semangat gotong-royong, kebersamaan dan solidaritas  untuk bersatu mengalahkan lawan. Semua perlombaan pernah di ikutinya, tapi hanya panjat pinang yang tidak pernah ia ikuti.

“Beruntungnya kita masih memiliki kearifan lokal, ini harus di lestarikan, seperti perlombaan sempena peringatan HUT RI, tradisi ini jangan sampai hilang,” pinta Wabup.

Pada kesempatan itu Bupati memberikan penghargaan dan ucapan terimakasih sempena HUT ke-72 RI kepada 43 orang anak-anak Siak yang berprestasi, guru, organisasi, masyarakat, termasuk Puskesmas Kerinci Kanan yang berhasil masuk Top 99 award dari Kemenpan RB.

Setelah acara apel Hut Ri ke 72 tahun, Bupati Siak Syamsuar kunjungi lapas Siak usai melaksanakan Upacara Penaikan Bendera Hut RI ke 72.Kedatangan beliau tersebut  dalam rangka Pemberian Remisi kepada sejumlah Napi yang ada di Rutan Siak,Kamis(17/8/17).

Turut hadir,Wakil Bupati Siak Alfedri,Ketua DPRD Siak Indra Gunawan,Kajari Siak,Wakapolres Siak,Sekretaris Daerah Kab.Siak T.S Hamzah,serta Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kab.Siak.

Kepala Rutan Siak Sugianto SH mengatakan,untuk yang mendapatkan Remisi sebanyak 187 orang yang 8 diantaranya dinyatakan bebas.sedangkan kondisi rutan berkapasitas 128 orang sekarang telah mencapai 550 yang over kapasitas.

"Rutan juga berfungsi untuk menyiapkan napi menjadi mandiri, sehingga ketika keluar bisa menjadi manusia yang bertanggug jawab dengan tujuan membentuk menjadi manusia seutuhnya dan tidak mengulangi tindak pidana serta dapat hidup secara wajar yang bertanggung jawab,kata Sugianto.

Bupati Siak Syamsuar dalam sambutannya mengatakan hari,bertepatan dengan hari ini kita menyaksikan bersama penyerahan remisi kepada narapidana sesuai dengan surat keputusan dari Mentri Hukum dan Ham,selain itu pula,bersamaan  tema pada peringatan HUT RI "Kerja Bersama",apa yang diharapkan dari pemerintah untuk kedepan harus sesuai dengan harapan,untuk itu kita harus mengisi dengan berbagai pembangunan yang selalu bekerja sama sehingga bisa diwujudkan.

"Kami mengajak kita semua sesuai dengan masing masing profesi bisa memberikan peningkatan layanan kepada masyarakat.dengan kebersamaan kita membangun negri ini dimasa yang akan datang sehingga bisa sejajar dengan negara maju",sebut Syamsuar.

Ia juga mengharapkan,bersamaan dengan momen ini pula kita bersama sama untuk menjaga kesatuan persatuan bangsa sehingga bisa menambah semangat patriotisme,untuk itu,semangat ini harus ada di dalam hati kita terutama pada generasi muda penerus bangsa,harapan kami ditengah kita membangun ekonomi belum membaik,untuk itu,atas kekompakan kita bersama apa pun kesulitan yang dihadapi negara kita dapat kita atasi sebagai bentuk perjuangan kita bersama,terang Syamsuar.

"Selamat kepada yang akan meninggalkan rutan, terutama yang menapatkan remisi,sehingga kami berharap agar bisa menyesuaikan dengan masyarakat.mari kita bersama sama membangun di daerah kita,selamat kepada yang bebas pada hari ini,apa lagi selama dirutan juga mendapat pembinaan untuk bekerja.jangan kita berpangku tangan sesuai dengan kemampuan,kata Syamsuar

Atas usulan kepala rutan,Syamsuar mengatakan mesti ada upaya,tentunya ada lahan akan diserahkan kepada kakanwil sehingga Pemkab Siak akan selalu mensuport dan menyambut baik.selain itu,Syamsuar  berharap kementrian Hukum dan Ham bisa memprioritaskannya.***

Bupati Siak Drs H.Syamsuar M.Si menyerahkan Bendera Merah putih kepada Pengibar bendera.

Bayu Wefie bareng Bupati Siak Drs H.Syamsuar M.Si usai menerima penghargaan.

   

Bupati Siak Drs H.Syamsuar M.Si memberikan Penghargaan kepada Siswa-Siswi  Tingkat Sekolah dasar.

Bupati dan Wakil Bupati Siak Foto bersama  team Paskibraka 2017.

   

Bupati Siak Drs.H.Syamsuar M.Si mengunjungi Rutan Siak.

Bupati Siak Drs.H.Syamsuar M.Si menyerahkan surat Remisi kepada Napi dirutan Siak.

 


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved