Pemerintah Daerah Kabupaten Meranti
 
Wabup Meranti Tinjau Proyek Pembangunan Rehap Rumah KAT, di Kecamatan Tebing Tinggi Timur

Dibaca sebanyak 1173 kali
Meranti | | Rabu, 01/08/2018 | 07:08:22 WIB
 
Meranti Global - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bersama rombongan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan peninjauan proyek bantuan Kementrian Sosial RI Melalui Dana Dekonsentrasi Provinsi Riau, peninjauan proyek bantuan rehap rumah bagi masyarakat Komunitas Adat Terpencil  (KAT) yang dipusatkan di Desa Kepau Baru, Kecamatan Tebing Tinggi Timur,, Turut ikut mendampingi Wakil Bupati saat melakukan peninjauan proyek tersebut,, Kepala Dinas Perikanan Meranti Ir. Anwar Zainal, Staf Ahli Bupati M. Arif, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Drs. Ikhwani, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Drs. Asroruddin, Kabag Adpem Syariah, Camat Tebing Tinggi Timur Suyatno, Kabag Kominfo Syaiful Ikram Sekretaris Dinas PU T. Arifin, Kabid Dinas Sosial Meranti M. Mahdi, Kades Kepau Baru Ali Amran, Kades Tj. Gadai Rasyid dan sejumlah pejabat Eselon IV lainnya.. Dalam peninjauannya, Wakil Bupati H. Said Hasyim ingin memastikan pelaksanaan program yang tercantum dalam  Perpres No. 186 Tahun 2014, Tentang Pemberdayaan Sosial Komunitas Adat Terpencil itu berjalan sesuai harapan yaitu memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat penerima bantuan. Selasa (31/07/2018)


Menurut dari informasi yang disampaikan oleh Kabid Bantuan Dinas Sosial dan Komunitas Adat Terpencil M. Mahdi, bantuan Kementrian Sosial RI melalui Dana Dekonsentrasi Provinsi Riau untuk masyarakat KAT diwilayah Kepau Baru, Kecamatan Tebing Tinggi Timur Tahun 2018, sebanyak 34 KK, dimana per KK akan menerima dana sebesar 30 juta rupiah yang dipergunakan untuk merehap rumah. serta Hasil pemantauan Wakil Bupati H. Said Hasyim beserta rombongan, didapati pembangunan fisik rumah yang terbuat dari kayu sudah cukup baik. Meski begitu ia berharap kepada pihak PPTK Irtak Rizal dari Dinas Sosial Provinsi, untuk bisa terus mengawasi penggunaan anggaran pembangunan agar memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat miskin diwilayah itu.

Seperti diketahui, hingga saat ini Pemkab. Meranti terus berupaya untuk menekan angka kemiskinan dengan memprioritaskan anggaran untuk pembangunan infrastruktur, di usia Meranti yang memasuki 9 tahun angka kemiskinan telah berhasil di tekan dari 43 persen ke 28 persen ditahun 2018. Namun begitu karena keterbatasan anggaran yang dimiliki dan minimnya bantuan Pusat serta Provinsi, Meranti belum mampu mengatasi masalah Isolasi daerah yang menjadi salah satu faktor utama penghambat pembangunan di Kabupaten yang termuda di Riau.
Oleh karena itu, bantuan infrastuktur baik rumah, jalan, jembatan dan lainnya dari Pemerintah Pusat dan Provinsi seperti yang saat ini ditinjau sangat diharapkan.

Kedepannya, Wabup berharap bantuan serupa dapat terus berlanjut dengan jumlah yang lebih besar lagi, agar semakin banyak masyarakat miskin yang terbantu. Terkait peruntukan bantuan agar lebih tepat sasaran, Wabup meminta kepada OPD terkait untuk lebih meningkatkan koordinasi dengan  pihak konsultan yang dalam hal ini berasal dari Universitas Riau.
Dalam kunjungan ke Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Wakil Bupati H. Said Hasyim, juga menyempatkan diri untuk meninjau fasilitas pendidikan, menurutnya hal itu sangat penting karena berhubungan dengan peningkatan kualitas manusia.

"Untuk menggesa pembangunan daerah tak cukup hanya dengan membangun fasilitas infrastruktur tetapi harus didukung pula oleh kualitas sumber daya manusia, oleh karena itu masalah pendidikan tak boleh diabaikan," ujar Wabup. H. Said Hasyim.

Sekolah pertama yang dikunjungi adalah SMU Terbuka di Desa Kepau Baru yang tengah mendidik 30 orang murid, sebagian besar murid disekolah dengan fasilitas minim itu merupakan anak anak yang berasal dari suku asli yang dari kaca mata Wabup memiliki semangat tinggi untuk belajar, hal itu bukannya tidak beralasan, meski dengan kondisi yang serba keterbatasan mereka masih mau datang kesekolah.
"Saya ucapkan apresiasi kepada anak anak sekalian atas semangatnya, semoga kedepan dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, jangan pernah berkecil hati tetaplah terus semangat," ujar Wabup menyemangati.

Selanjutnya Wakil Bupati melakukan peninjauan kebeberapa sekolah lainnya. Yakni SDN 05 Kepau Baru, dari pantauan Media dilokasi tersebut, Wakil Bupati terlihat sangat prihatin karena mendapati kondisi sekolah yang jauh dari ideal baik gedung maupun mobiler pendukung. Kondisi itu semakin diperparah dengan kurangnya perhatian dari Kepala Sekolah selaku penanggung jawab, dimana berdasarkan laporan masyarakat Kepala Sekolah bersangkutan jarang berada ditempat, otomatis koordinasi dengan Kabupaten tidak berjalan dengan baik.

Mendapati kondisi itu, Wakil Bupati tampak berang dan langsung memberikan peringatan keras kepada Kepala Sekolah. untuk Kedepan ia mengintruksikan agar Kepala Sekolah benar-benar memperhatikan sekolah yang dipimpinnya, dengan cara tidak berpergian meninggalkan sekolah apalagi dalam waktu yang lama.

Kondisi yang nyaris serupa juga ditemui Wakil Bupati H. Said Hasyim, saat meninjau Sekolah SDN 04Tanjung Gadai, yang tampak tidak diperhatikan, karena jika melihat kondisi gedung sekolah masih cukup baik namun ruang kelas tampak berantakan dimana meja dan kursi sudah tidak berada pada tempatnya, lantaipun terlihat penuh lumpur gambut yang mengering. Wakil Bupati sempat berguman 'bagaimana cara anak anak belajar dengan kondisi ruangan kelas begini'.
Disisi lainnya, tampak sebuah gedung kelas baru yang dari luar tampak sangat cantik namun saat dilihat kedalam lagi-lagi tampak berantakan tak ubahseperti lokal lainnya.

Sekolah terakhir yang dikunjungi Wakil Bupati dan rombongan adalah, SDN 12 Tanjung Gadai, disekolah yang sudah ada sejak zaman Bengkalis itu masih terlihat aktifitas belajar yang cukup baik, hanya saja akibat turunnya tanah menyebabkan lantai sekolah menjadi bergelombang. Menyikapi kondisi itu, Wakil Bupati meminta Staf Ahli Bupati M. Arif untuk mencatat agar bisa dikoordinasikan segera ke Dinas Pendidikan Meranti untuk dicarikan solusi dalam rangka perbaikan.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati H. Said Hasyim juga berharap kepada Kades dan Camat untuk terus menginformasikan berbagai masalah yang terjadi diwilayahnya, terutama yang menyentuh langsung pada pelayanan masyarakat. Dengan begitu Pemerintah Kabupaten dapat bertindak cepat untuk menyesaikannya. (Rls hms/brm).
Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

 


Jumat, 18/10/2019 - 15:40:26 WIB
Wabup Serahkan Bantuan 6 Unit Kapal Kepada Kelompok Nelayan, Harap Kedepan Jadi Nelayan Mandiri

Jumat, 18/10/2019 - 10:51:46 WIB
Edi Amin Resmi Jabat Kades Alah Air Periode 2019-2025 Setelah Dilantik Wabup Meranti

Senin, 30/09/2019 - 13:26:48 WIB
Bupati Kepulauan Meranti Audiensi Bersama IPRY KKM, Doakan Mahasiswa Cepat Tuntaskan Kuliah

Senin, 30/09/2019 - 13:06:49 WIB
Disperindag Meranti Gerak Cepat Perbaiki Plafon Pasar Modern

Selasa, 17/09/2019 - 20:03:39 WIB
Bupati Buka Diklat BST Angkatan XXV Gelombang V Tahun 2019, Cetak SDM Meranti Profesional

Kamis, 12/09/2019 - 15:04:44 WIB
Bupati Wajibkan Semua Pejabat Meranti Paham Job Description 

Kamis, 12/09/2019 - 14:46:38 WIB
Bupati Minta Program Zakat Penghasilan Diberlakukan Untuk Seluruh Pegawai Tiap OPD Pemkab. Meranti

Kamis, 12/09/2019 - 13:31:31 WIB
Bupati Buka Sosialisasi Program PAMSIMAS III Tahun 2019, Program Sekat Kanal Solusi Air Bersih

Selasa, 10/09/2019 - 19:41:52 WIB
Wabup Buka Kegiatan Ajang Prestasi Remaja 2019, Tekankan Remaja Jangan Sampai Hilang Akal

Selasa, 03/09/2019 - 06:06:02 WIB
Wabup Lantik 15 Orang Pejabat, Tasrizal Harahap Jabat Kepala Badan Kesbangpol Meranti

Senin, 02/09/2019 - 12:43:19 WIB
Wabup Buka Diklat Pemberdayaan Masyarakat, Harap Lahir SDM Meranti Handal di Bidang Kemaritiman

Senin, 02/09/2019 - 12:29:14 WIB
Wakil Bupati Tegaskan Pegawai Tak Ikut Upacara Senin Akan Diproses

Selasa, 27/08/2019 - 00:11:18 WIB
Wabup Meranti Ingatkan Masyarakat Bahaya Kabut Asap dan Sanksi Buang Sampah Sembarangan

Senin, 26/08/2019 - 23:55:55 WIB
Wabup Melakukan Peninjauan Pilkades Serentak 2019, Pastikan Pilkades Berjalan Aman,Tertib dan Lancar

Senin, 26/08/2019 - 23:35:35 WIB
Wabup Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Dialog Interaktif, Ajak Peserta Gunakan Akal Sehat

 
HOME | UTAMA


Pemerintah Daerah Kabupaten Meranti © 2014