Kamis, 26 April 2018 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

16:50 WIB - Aksi Pasang Spanduk Tolak Hama Lalat | 16:50 WIB - Tak Ingin Mengemis , Penyandang Tuna Daksa Warga Muara Basung Harapkan Bantuan Dari Dinsos Bengkalis | 16:50 WIB - PT PMA dan PT BBAP Berbagi Kasih | 16:50 WIB - Pelaksanaan UNKP Tahun 2018 Dihari Terakhir MTs Al Muhajjirin Pinggir Berjalan Aman Dan Lancar | 16:50 WIB - KUD Delima Sakti, Koperasi Para Pejabat dan Tokoh Masyarakat | 16:50 WIB - Alfedri, Buka MTQ Ke XVII Tingkat Kecamatan Sungai Apit
ADVERTORIAL / Bantuan Bibit Sawit Unggul Meningkatkan Kesejahteraan Warga Kabupaten Pelalawan

Bantuan Bibit Sawit Unggul Meningkatkan Kesejahteraan Warga Kabupaten Pelalawan

ADVERTORIAL - - Selasa, 23/05/2017 - 20:43:21 WIB
Pelalawan(Riau Global.Com)
Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam hal ini Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pelalawan terus berupaya  melakukan yang terbaik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengangkat perekonomian masyarakat Kabupaten Pelalawan sesuai dengan 7 (tujuh) Program  prioritas pembangunan Daerah Pelalawan yaitu :

Foto Riau Elfisindo.

1.Pelalawan Sehat. 
2.Pelalawan Cerdas.
3.Pelalawan Terang.
4.Pelalawan Lancar dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa/Kelurahan.
5.Program Peningkatan Ketahanan Pangan Dan Perkebunan.
6.Pengembangan objek wisata Bono.
7.Program Pembangunan Kawasan Teknopolitan Pelalawan.


Dinas Perkebunan dalam hal ini memperkuat dan mempertajam program nomor 5 yaitu Program Peningkatan Perkebunan yang ada di Kabupaten Pelalawan karena dipandang masih sangat perlu  membantu masyarakat dalam peningkatan perkebunan yakni tidak telepas juga dengan bibit unggul yang ditanam supaya dapat meningkatkan perkebunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dinas Perkebunan dan Peternakan Pelalawan terus mengalokasikan bibit sawit unggul untuk disalurkan kepada masyarakat untuk meningkatkan tarap hidup warga Kabupaten Pelalawan",ungkap Kadis Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pelalawan, Mazrun SH  pada Rabu (17/5/17) di ruang kerjanya.

Foto Riau Elfisindo.
Kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan Pemkab Pelalawan.

Jumlah bibit sawit yang dianggarkan untuk tahun 2017 saja berjumlah 15.000 Biji/Kecambah, nantinya bibit ini setelah besar dapat disalurkan kepada masyarakat.  Bibit sawit yang diambil yakni dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit(PPKS) Marihat, Sumatera Utara.

"Harga daripada bibit sawit juga disubsidi Pemda Pelalawan dengan harga bibit sawit Rp.20.000,-/batang bila bibit ini dipasaran seharga Rp 40.000,- Rp.45.000, ini semua kita programkan guna membantu masyarakat yang membutuhkan bibit sawit yang secara bersamaan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat", terang Kadis Perkebunan Pelalawan, Mazrun SH didampingi Kabid Perkebunan, Abdul Rahman.

Bibit yang diberikan kepada masyarakat tentunya  berusia 1 tahun atau paling lama berusia 18 bulan, semua masyarakat berhak memperolehnya dengan syarat yang telah ditentukan Pemerintah.

Adapun syaratnya yaitu.
1.    Photo Copy surat tanah(milik sendiri dan Berada di wilayah Kab. Pelalawan)
2.    Photo Copy KTP(Harus KTP Kab.Pelalawan )
3.    Maksimal lahan 2 Hektar/orang( 300 batang)
4.    Surat pernyataan tidak membakar lahan
5.    Surat pernyataan  lahan tidak dijual

"Setelah semua persyaratan lengkap dan disetujui tim maka yang mendapat bibit sawit akan menyetorkan langsung uangnya kepada Kas Daerah Pemda Pelalawan", ujar Mazrun SH.Kadis Perkebunan.

Lebih jauh Mazrun SH menjelaskan, Dinas Perkebunan Pelalawan hanya dapat membantu  masyarakat  dengan pengajuan lahan perorangan dan apabila mengajukan berbentuk kelompok tani tidak dapat dilayani karna dikwatirkan terjadi timbul masalah pada kelompok tani.

Semua bibit sawit yang dijual Disbun  dengan layak jual yakni dengan usia 18 bulan serta bibit juga harus bersertifikat UPTD benih Provinsi Riau. Bila bibit yang keluar dari Disbun Pelalawan tidak bersertifikat maka dapat memulangkan bibit tersebut kepada Disbun.

Foto Riau Elfisindo.
Bibit sawit

Hal ini menandakan bahwa bibit yang kami jual sudah terjamin mutunya dan tidak akan mengecewakan masyarakat.

Pada tahun 2016, Disbun dan Peternakan juga telah menyalurkan bibit sawit berjumlah 12.000 bibit sawit. Jumlah bibit sawit tahun 2015 juga semua sudah disalurkan kepada masyarakat Pelalawan yang membutuhkan demi kesejahteraan warga Kab. Pelalawan.

Tempat penyaluran bibit sawit Dinas Perkebunan tersebar  di  5 Kecamatan  yaitu Kecamatan Pangkalan Kuras, Kecamatan Bunut,Kecamatan Bandar Petalangan, Kecamatan Pangkalan Lesung dan Kecamatan Kerumutan,akhir Kadis Perkebunan dan Peternakan Pelalawan.

"Hal tersebut semua diprogramkan guna peningkatan produk perkebunan dan apabila hasil perkebunan telah meningkat maka kesejahteraan juga akan sejalan meningkat,inilah yang kita harapkan dari Pemerintah Daerah", ungkap Mazrun. (ADVERTORIAL)

Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(1217) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved