Selasa, 21 08 2018 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

11:30 WIB - Pembangunan Drainase Di Jalan Sultan Syarif Kasim Sesuai Dengan RAB | 11:30 WIB - Bupati Kampar Serahkan 32 Hewan Qurban | 11:30 WIB - Awasi Dan Laporkan Money Politics Pemilu 2019 | 11:30 WIB - Coetra Nadika SH Menerima Best Of The Best Award 2018 | 11:30 WIB - Sang Saka Merah Putih Tidak Berkibar Di DPRD Inhil | 11:30 WIB - Wakil Bupati Pimpin Upacara HUT RI Ke-73
Batam / Alamak!!!Bisa Ngurus Paspor menggunakan Dokumen Palsu.

Imigrasi Kelas 1 Batam
Alamak!!!Bisa Ngurus Paspor menggunakan Dokumen Palsu.

Batam - - Kamis, 02/08/2018 - 12:25:36 WIB
Erianto, SE (Kepala Bidang Humas Imigrasi Kelas 1 Batam)
TERKAIT:
Riau Global - Batam, Meski penerapan system pelayanan administrasi sudah berbasis online, namun pengurusan paspor di Imigrasi kelas 1 Batam, ternyata masih bisa menggunakan dokumen palsu, seperti menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu, maupun Kartu Keluarga (KK) palsu.

Hal ini terungkap dari permasalahan KTP palsu dan Kartu Keluarga palsu milik salah seorang warga Batam berinisial Bn, atau pemilik paspor dengan nomor B 3121487, yang dikeluarkan oleh Keimigrasian Kelas1 Batam pada 10 Feburuari 2016 lalu. Bn bercerita kepada wartawan Riau Global.com (31/07/2018), di salah satu kantor Kecamatan di Batam, bahwa selama ini Ia tidak menyadari bahwa KTP dan Kartu Keluarga yang ia miliki ternyata adalah palsu.
"Saya tidak mengetahui kalau KTP dan Kartu Keluarga milik saya palsu, memang KTP dan Kartu Keluarga itu dulunya diuruskan oleh seseorang, selama ini saya tidak pernah menaruh curiga akan keaslian KTP dan Kartu Keluarga yang saya punya, hal ini tak lain karena KTP dan Kartu Keluarga itu , bisa digunakan untuk mengurus paspor di Imigrasi kelas 1 Batam, memang sih dulu pengurusan paspornya menggunakan jasa", Ujar Bn.

Bn menambahkan, "Saya baru curiga kalau KTP dan Kartu Keluarga saya palsu pada saat saya akan melakukan registrasi kartu telepon seluler, beberapa kali saya mencoba melakukan registrasi namun tidak berhasil, disitu saya mulai meragukan keaslian KTP dan Kartu Keluarga yang saya punya, dan untuk memastikannya saya langsung ke kantor Dinas Kependudukan (Disduk) di Sekupang untuk melakukan pengecekan", jelas Bn.

Sementara itu dikantor Disduk setelah dilakukan pengecekan oleh salah seorang pagawai disduk mengatakan, bahwa Nomor NIK dan Nomor Kartu Keluarga saya memang tidak terdaftar alias palsu "saya sangat heran,dan yang membuat saya tidak habis pikir, mengapa pada saat pembuatan paspor tahun 2016 lalu,dengan menggunakan Ktp dan kartu keluarga yang dinyatakan palsu tersebut,dapat digunakan untuk pembuatan paspor", ujar Bn kepada wartawan riau.com.

Terkait temuan dokumen palsu tersebut Kepala Imgrasi Kelas 1 Batam, melalui Kepala Bidang Humas Imgrasi (Irwanto, SE) mengatakan, dengan system online seperti sekarang seharusnya di Keimigrasian dokumen palsu seperti KTP maupun kartu Keluarga palsu, sudah dapat terdeteksi pada saat calon pembuat paspor,mengajukan dokumen palsu.
"Intinya Imigrasi sudah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan (Disduk), Jadi nomor induk kependudukan palsu seharusnya tidak akan bisa terkoneksi ke system, dan secara fisiknya dokumen palsu itu pasti terbaca, yang mana system online ini sudah berlaku kurang lebih selama lima tahun terakhir ini", Tutur Irwanto, SE kepada awak Media riau-global.com, Selasa (1/8/2018).

Lanjut Irwanto selaku Kabid. Humas Imigrasi Kelas 1 Batam, "Tetapi jika benar ada temuan dokumen palsu yang digunakan untuk pembuatan paspor, saran saya silahkan laporkan ke pihak Kepolisian, naikkan itu masalah dan jangan takut-takut, kita tidak akan menutupi, silahkan laporkan"

Masih menurut Kabid humas Imigrasi Irwanto, "sejauh yang saya ketahui selama ini, bahwa dokumen yang masuk kesini itu benar semua (asli-red), tetapi sekali lagi saya tegaskan, "jika memang benar ada ditemukan hal yang demikian segera laporkan kepihak yang berwajib supaya kami bisa bongkar jaringan ini, karena ini mata rantai.

Mungkin ada oknum pegawai yang bermain, sehingga system bisa dilemahkan.
"Sekali lagi saya tegaskan, silahkan laporkan temuan ini, jangan takut dan saya sangat suka jika jaringan ini berhasil diungkap", ujar Irwanto tegas.

Laporan : Ls
Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(1013) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved