Senin, 22 Oktober 2018 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

11:09 WIB - PT. RAPP Latih 43 Orang Petani Pulau Padang Untuk Budidaya Nanas | 11:09 WIB - Sekolah Induk Klaster SD N 14 Teluk Mesjid Melaksanakan (IN 2) Pendampingan Pelaksanaan K 13 | 11:09 WIB - DR.H. Nurdin Basirun, S Sos, M Si Kunjungi Masyarakat NTT Kampung Cunting Tanjung Uncang | 11:09 WIB - Secara Aklamasi,H. Firdaus ST. MT Terpilih Sebagai KETUM Wushu Riau | 11:09 WIB - Plt Bupati Mengajak Masyarakat Mengenang Sejarah Panjang Perjalanan Terbentuknya Labuhanbatu. | 11:09 WIB - Plt Bupati Labuhanbatu Terima Buku Hasil Putra Daerah.
Natuna / Informasi Publik Merupakan Hak Warganegara

Workshop Pengenalan TIK dan Pemantapan PPID
Informasi Publik Merupakan Hak Warganegara

Natuna - - Jumat, 10/08/2018 - 13:07:20 WIB
Riau Global - Natuna, Pemerintah Kabupaten Natuna mengadakan Workshop "Pengenalan TIK dan Pemantapan Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Bagi Aparatur Pemerintah", Kamis Siang (9/8/2018) di ruang rapat II Kantor Bupati Natuna, Jl. Batu Sisir.

Sebelum membuka secara resmi, Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna (Wan Siswandi, S.Sos) menyampaikan bahwa Workshop TIK dan PPID ini baru pertama sekali diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Natuna.

"Meskipun Workshop ini baru pertama sekali diadakan dan kegiatan ini seharusnya dilaksanakan selama 4 hari, dipadatkan menjadi 1 hari, tapi setidak-tidaknya para peserta punya kerangka awal mengetahui pijakan-pijakan pondasi mengenai TIK dan informasi publik", ucap Sekda

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo-Medan, (Drs. Irbar Samekto, M.Si) dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pentingnya peran PPID dalam mengelola dan menyebarluaskan informasi kepada publik.

"Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi wajib mengetahui cara memilah-milah informasi apa saja yang bisa diakses dan disebarkan ke masyarakat, dan ada informasi yang harus dijaga kerahasiannya", Tutur Irbar Samekto.

Tanggal 30 April 2008 menjadi hari bersejarah bagi perkembangan demokrasi di Indonesia, dimana pada hari tersebut Pemerintah Pusat mengeluarkan Undang-undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
Undang-undang KIP tersebut, menjamin hak warga negaranya dalam mengakses informasi publik serta dilindungi oleh pasal 28 F UUD Tahun 1945.

Kepala Bidang Pengembangan SDM Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo-Medan (Drs. Adburahman Harahap, MM) yang menjadi narasumber memaparkan, materi tentang informasi publik berdasarkan UU KIP.

"Kelompok informasi publik menurut UUD KIP mencakup informasi publik yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi publik yang diumumkan secara serta merta, informasi publik yang wajib tersedia setiap saat, dan informasi publik yang dikecualikan", papar Adburahman.

Dalam lanjutan pemaparannya, Abdurahman mengingatkan, agar PPID memberikan informasi yang akurat dan menyeluruh kepada masyarakat.

"PPID jangan memberikan informasi yang setengah-setengah kepada publik. Informasi itu harus utuh, supaya tidak terjadi kesimpang siuran", terang Kabid. SDM kelahiran Medan.

Narasumber berikutnya, Sekretaris Utama Arsip Nasional RI (Drs. Sumrahyadi, MIMS) menjelaskan, bahwa UU Kearsipan sangat erat kaitannya dengan UU KIP.

Bicara arsip dapat dibagi yakni, dinamis dan statis, untuk statis penyimpanan kearsipanya di Dinas Arsip dan perpustakaan daerah. Fungsinya menyimpan data statis milik Pemkab, prinsipnya Open to Publik.

Sumrahyadi juga berpendapat, bahwa tidak semua dokumen pemerintah bisa diakses publik, karena ada dokumen Pemerintah yang sifatnya rahasia.

Melalui penyelenggaraan Workshop TIK dan PPID kepada para Asisten, Dan seluruh jajaran OPD, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para aparatur Pemkab Natuna.


Laporan : Eben S
Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(451) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved