Rabu, 24 Oktober 2018 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

19:57 WIB - Misteri Kematian Erizun Semakin Misterius | 19:57 WIB - Pertandingan Gasing Di Gaung Anak Serka | 19:57 WIB - Bupati HM.Harris Lantik 118 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab Pelalawan | 19:57 WIB - Disdukcapil Kabupten kampar melakukan sistem jemput bola dalam perekaman data KTP-e | 19:57 WIB - Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan Mengikuti Program Bootcamp For Young Technopreneur Di Batam | 19:57 WIB - Terkait Pajak Air Permukaan, Peralihan PAP Bukan Menaikkan Tarif ATB
Ekonomi / Ratusan Nelayan Pasbar Ikuti Diklat

Ratusan Nelayan Pasbar Ikuti Diklat

Ekonomi - - Senin, 24/09/2018 - 13:01:45 WIB
Pasbar,(RiauGlobal)
 Untuk meningkatkan SDM dari nelayan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang bekerja sama dengan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Kementerian Perhubungan melakukan Diklat pemberdayaan nelayan SKK Mil Laut Deck dan Mesin.

Bupati Pasbar Syahiran, menjelaskan Pasbar memiliki panjang pantai yaitu 152 KM yang melewati lima kecamatan pantai dan memiliki jumlah kapan motor sebanyak 493 unit dan 1.275 perahu motor dengan jumlah sekitar 12.350 orang. 

"Hal ini merupakan suatu potensi yang sangat besar untuk melakukan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan. Produksi perikanan Pasbar dengan jumlah produksi lebih kurang 108.000 ton per tahun,"ujar Syahiran.

Diklat pemberdayaan nelayan sangat penting karena dapat meningkatkan SDM dari nelayan Pasbar dan akan memperoleh sertifikat SKK Deck 60 mil bagi nelayan. 

"Sehingga dengan adanya sertifikat tersebut saudara-saudara nelayan dapat melakukan pelayaran atau penangkapan ikan dengan nyaman dan lebih tenang karena memiliki dokumen melaut," tandas Syahiran.


Ia berharap, kerjasama dengan Politeknik Pelayaran Sumbar ke depan bisa semakin ditingkatkan untuk memberikan pendidikan dana pelatihan bagi masyarakat nelayan di Pasbar. Karena SDM nelayan perlu ditingkatkan sehingga dapat melakukan aktifitas penangkapan ikan di laut lebih bagus bagi dibanding sekarang sehingga ini dapat memberikan hasil positif dalam kehidupan dan kesejahteraan nelayan. 

"Untuk peserta pelatihan agar kegiatan ini dapat diikuti dengan serius dan penuh perhatian. Jangan main-main karena ini sangat penting bagi profesi nelayan. Jadikan kegiatan ini sebagai kegiatan untuk bertukar informasi dan pengalaman serta juga sebagai hiburan bagi saudara sekaligus dari penatnya melaut. Selama ini setiap hari melakukan aktifitas dilaut sekarang mengikuti pelatihan sambil istirahat dan refreshing. Tapi juga untuk diperhatikan dan diikuti dengan serius kegiatan ini. Karena pemerintah sudah memberikan perhatian yang sangat besar terhadap kehidupan nelayan di Pasbar. Sehingga ke depan dapan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan,"pinta Syahiran.(Maizen)

Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(307) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved