Rabu, 12 Desember 2018 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

19:06 WIB - SMA N 1 Sei Apit Study Banding Ke PT Arara Abadi | 19:06 WIB - Polresta Tangerang Bongkar Sindikat Bobol Mesin ATM Lintas Daerah | 19:06 WIB - Ibu-Ibu PKK Desa Keritang Sambut Hari Ibu Dengan Ajang Lomba Senam | 19:06 WIB - Mahasiswa Riau Dapat Beasiswa Dari PT. RAPP | 19:06 WIB - Limbah Beracun PT Putra Keritang Sawit Cemari Sungai Mengkaseh | 19:06 WIB - Pemerintah Pusat Datangkan BIG
Politik / Bupati Syahiran Canangkan Kampung Donor Darah di Jorong Mahakarya

Bupati Syahiran Canangkan Kampung Donor Darah di Jorong Mahakarya

Politik - - Rabu, 03/10/2018 - 21:38:04 WIB
PASBAR (RIAUGLOBAL)
Bupati Pasaman Barat (Pasbar), H. Syahiran, Rabu (3/10) secara resmi mencanangkan Jorong Mahakarya Nagari Persiapan Mahakarya Kecamatan Luhak nan Duo sebagai Kampung Donor Darah. 

Ditetapkannya Mahakarya sebagai kampung donor darah adalah upaya dari pemerintah setempat bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Pasbar untuk terus memaksimalkan tugas-tugas kemanusiaannya. 

Jorong Mahakarya Kecamatan Luhak nan Duo merupakan daerah dengan penduduk mencapai 5000 jiwa. Daerah tersebut sangat potensial untuk dijadikan kampung donor darah.

"Alhamdulillah hari ini kita canangkan Kampung Donor Darah di Mahakarya. Ini kerja luar biasa dari PMI Pasbar. PMI Pasbar ini memang luar biasa prestasinya. PMI Pasbar juga sudah meraih penghargaan sebagai Pembina Terbaik PMI," kata Syahiran.

Selain pencanangan Kampung Donor Darah, dalam kesempatan yang sama Bupati Syahiran juga meresmukan satu unit Puskesmas Pembantu (Pustu) untuk masyarakat setempat. Pembangunan Pustu diharapkan Syahiran dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

"Hari ini juga kita resmikan satu Puskesmas Pembantu. Namun saya harapkan, para pengunjung Pustu nantinya adalah masyarakat-masyarakat yang sehat untuk melakukan cek kesehatan secara rutin," ungkapnya.

Menurut Syahiran, jika seseorang terkena penyakit serta dibawa ke Rumah Sakit, kemungkinan yang akan terjadi hanya dua hal, pertama pasien akan sehat kembali dan kedua meninggal dunia. Oleh sebab itu, Syahiran menghimbau kepada seluruh masyarakat Pasbar untuk lebih mengutamakan pencegahan terhadap berbagai penyakit dengan membiasakan pola hidup sehat.

"Sebelum semua kemungkinan buruk akibat penyakit akan terjadi, mari sama-sama kita biasakan untuk menjaga pola hidup sehat dengan memenuhi indikator Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang telah dicanangkan pemerintah," ajaknya.

Sementara, tokoh masyarakat Jorong Mahakarya, Kuadman menyampaikan apresiasi kepada pemerintah setempat atas dicanangkannya daerah tersebut sebagai Kampung Donor Darah. Begitu juga dengan Pustu yang telah diresmikan. Hal tersebut menurutnya merupakan bagian dari harapan masyarakat.

"Mudah-mudahan masyarakat kedepan senantiasa memiliki pola hidup yang sehat dan semua sarana dan prasarana kesehatan yang sudah dibangun dapat dijaga dengan baik," pungkasnya.(MZN)

Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(270) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved