Rabu, 24 Oktober 2018 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

19:57 WIB - Misteri Kematian Erizun Semakin Misterius | 19:57 WIB - Pertandingan Gasing Di Gaung Anak Serka | 19:57 WIB - Bupati HM.Harris Lantik 118 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab Pelalawan | 19:57 WIB - Disdukcapil Kabupten kampar melakukan sistem jemput bola dalam perekaman data KTP-e | 19:57 WIB - Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan Mengikuti Program Bootcamp For Young Technopreneur Di Batam | 19:57 WIB - Terkait Pajak Air Permukaan, Peralihan PAP Bukan Menaikkan Tarif ATB
Natuna / Polres Natuna Apel Gelar Pasukan Penanggulangan dan Evakuasi

Siaga Tanggap Bencana
Polres Natuna Apel Gelar Pasukan Penanggulangan dan Evakuasi

Natuna - - Selasa, 09/10/2018 - 21:02:05 WIB
Riau Global - Natuna, Polres Natuna menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Penanggulangan dan Evakuasi Bencana Alam, pada Selasa pagi (9/10/2018) di Halaman Mapolres Natuna, Jl. Adam Malik, Ranai.

Semua Instansi terkait hadir dalam gelaran Apel tersebut, diantaranya POLRI, TNI AU-AD-AL, Satpol PP, Dishub, Dinas Damkar, dan Basarnas.

Sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K menyampaikan pentingnya aksi cepat tanggap yang dilakukan setiap daerah dalam penanggulangan dan evakuasi bencana alam.
"Dalam penganggulangan bencana, diperlukan satu komando darurat yang cepat, efektif, efisien, terpadu dan akuntabel, agar dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan menjaga keamanan harta benda milik korban," ucap Kapolres.

Kejadian bencana alam yang menimpa beberapa daerah beberapa bulan terakhir, Indonesia kini sedang dalam posisi darurat bencana. Sehingga setiap daerah harus siaga untuk mengantisipasi bencana alam yang akan terjadi.

Meskipun di Kabupaten Natuna belum dibentuk satu komando khusus untuk penanganan bencana yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), AKBP Nugroho tetap optimis penanganan bencana oleh Pemda Natuna akan sangat cepat dilakukan jika kejadian yang tidak di inginkan masyarakat (bencana alam), terjadi di Natuna.

Jika BPBD telah dibentuk maka Sesuai Amanat UU no 24 Tahun 2007 Tentang Penanganan Bencana, BPBD yang telah dibentuk akan dipimpin langsung oleh Sekda. Daerah akan mendapatkan dana operasional dari pusat, dan koordinasi dengan instansi terkait akan lebih cepat dan mudah.

Di akhir sambutannya, Kapolres AKBP Nugroho berharap agar Pemda Natuna segera membentuk BPBD Kabupaten Natuna.
"Semoga hari ini merupakan tonggak awal dari persiapan dan kesiapsiagaan dalam menanggulangi dan evakuasi korban bencana, dan Saya berharap Pemerintah daerah segera melakukan rapat koordinasi pembentukan BPBD Natuna, tutup Kapolres.

Apel tersebut dihadiri oleh Sekda Natuna Wan Siswandi S.Sos, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, Dandim 0318/Natuna Letkol Inf. Yusuf Rizal, Kapten Pom Eko mewakili Danlanud Raden Sadjad, Danyon Komposit 1/Gardapati Letkol Inf. Ahmad Daud Harahap, Jajaran TNI, Polri, FKPD dan OPD, FKPPI, RAPI, beserta Tokoh Masyarakat.


Laporan : Eben S
Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(633) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved