Kamis, 13 Desember 2018 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

19:06 WIB - SMA N 1 Sei Apit Study Banding Ke PT Arara Abadi | 19:06 WIB - Polresta Tangerang Bongkar Sindikat Bobol Mesin ATM Lintas Daerah | 19:06 WIB - Ibu-Ibu PKK Desa Keritang Sambut Hari Ibu Dengan Ajang Lomba Senam | 19:06 WIB - Mahasiswa Riau Dapat Beasiswa Dari PT. RAPP | 19:06 WIB - Limbah Beracun PT Putra Keritang Sawit Cemari Sungai Mengkaseh | 19:06 WIB - Pemerintah Pusat Datangkan BIG
Tanjung Pinang / FGD Dibuka Bupati Natuna

Natuna Calon Geopark Dunia
FGD Dibuka Bupati Natuna

Tanjung Pinang - - Rabu, 05/12/2018 - 12:08:04 WIB
Riau Global - Tanjungpinang, Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal M.Si, membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD), diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (4/12/2018).

Focus Group Discussion (FGD) ini membahas Kepulauan Natuna sebagai Situs Geopark Nasional sekaligus pencalonannya sebagai Geopark Dunia dalam Global Geopark Network of UNESCO,

Bupati Natuna (Drs. H. A. Hamid Rizal, MSi) dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Natuna, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Pusat, khususnya kepada Kementerian Luar Negeri dan semua lembaga yang telah mendukung perjuangannya dalam memajukan bumi Laut Sakti Rantau Bertuah.

Anugrah penetapan Kabupaten Natuna sebagai Geopark Nasional yang diserahkan beberapa hari yang lalu di Bogor, merupakan tahap awal bagi kami dalam menyelenggarakan program terpadu ini yang pada gilirannya diharapkan memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pendapatan asli daerah tentunya.

Secara geografis, kita semua menyadari bahwa Kabupaten Natuna memiliki potensi geoglogi, keanekaragaman hayati dan khazanah budaya yang butuh pengelolaan lebih lanjut, agar mampu menjadi salah satu potensi yang bernilai bagi mendukung pertumbuhan ekonomi sekaligus pembangunan daerah.

Letaknya yang berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia sebagai jalur perdagangan Internasional antar Benua, sepatutnya dapat menjadi potensi maritim yang berdampak bagi media diplomasi antar Negara.
“Dengan berbagai Aspek yang saya jelaskan diatas, sudah sepatutnya Kabupaten Natuna dapat menjadi miniatur pembangunan Negara sebagai beranda perbatasan yang maju dan sejahtera,” ujar Hamid Rizal.

Namun demikian, kami menyadari bahwa hal tersebut tidak akan dapat diwujudkan jika tidak terdapat intervensi program kerja maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung optimalisasi potensi yang ada.
“Oleh karenanya, melalui momentum yang berbahagia ini, saya merasa sangat berbesar hati, karena dapat berkumpul disini dengan semua pemangku kepentingan dan unsur akademisi untuk membahas hasil kajian yang sebelumnya disusun oleh lembaga P2K Multilateral yang bekerja sama dengan STIE Pariwisata YAPARI Bandung,” katanya.

Di akhir kata Bupati Natuna mengharapkan, Pembahasan FGD ini dapat dijadikan rumusan Ide dan Rancangan Kebijakan sebagai Rekomendasi bagi segenap lembaga terkait untuk mewujudkan Sinergitas. “Harapan kami, pembahasan ini dapat dijadikan rumusan ide dan rancangan kebijakan kedepan, sebagai rekomendasi bagi segenap lembaga terkait untuk mewujudkan sinergitas, baik di tingkat Kementerian, Provinsi Kepuluan Riau maupun ditingkat Pemerintah Kabupaten Natuna,” tutupnya.

Bertindak sebagai pemapar pada FGD tersebut, Wakil Ketua II Bidang Administrasi Umum, SDM dan Keuangan, Steipar Yapari Bandung, Dra Nova Riana M.Si CHE, Kepala Bidang Jejaring Inivasi SDA Maritim, Kemenko Kemaritiman, dan Kepala Dinas Pariwisata Natuna, H Erson Gempa Apridi S.Sos M.A.

FGD dihadiri pemangku kepentingan dan berbagai instansi diantaranya, Pejabat Pemprov Kepri, Pemkab Natuna, Pangkalan Utama AL Tanjungpinang, Kemenko Maritim, Kemenko Polhukam, Kemendagri, Kementerian Pariwisata, Kementerian PPN/Bappenas dan wakil dari Perwakilan RI di Singapura dan Kuala Lumpur Malaysia.

Disamping itu juga hadir para petinggi dari kalangan swasta dan akademisi diantaranya, Medco Energi, Premier Oil, PT Telkomsel, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Sahid Bintan Tourism Institute.


Laporan : Korwil Kepri (Agus Regar)
Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(270) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved