Rabu, 27 Maret 2019 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

17:21 WIB - IKMR/PPMK Keritang Peringati Isra’miraj Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H | 17:21 WIB - Kunker Ketua TP PKK Kampar Didua Desa Di tapung Muslimawati Jalan Program System Jemput Bola | 17:21 WIB - Bupati Kampar Catur Sugeng Buka Musrenbang Kabupaten Kampar 2019 Dan lLaunching Aplikasi E-Monev | 17:21 WIB - Ulos Batak Tarutung Raih Peringkat I Lomba Selendang Tenun Indonesia | 17:21 WIB - Bupati Inhil Lantik Pengurus TP-PKK Inhil dan Kukuhkan Pengurus K3S Inhil Periode 2018-2023 | 17:21 WIB - Kodim 0314/Inhil Selenggarakan Kegiatan Komunikasi Sosial Dengan Keluarga Besar TNI TA 2019
ADVERTORIAL / Bupati Rohul dan Masyarakat Sei Kuning Tanam Bibit Aren di Hutan Desa

Bupati Rohul dan Masyarakat Sei Kuning Tanam Bibit Aren di Hutan Desa

ADVERTORIAL - - Rabu, 24/10/2018 - 20:35:45 WIB
Rokan Hulu,(RiauGlobal)
Bupati Rokan Hulu (Rohul)  H. Sukiman bersama masyarakat Desa Sei Kuning, Kecamatan Tandun menanam bibit aren atau enau di hutan desa setempat, Rabu (24/10).

Penanam perdana ini dihadiri Camat Tandun, ‎Wakil Ketua DPRD Zulkarnain, Kepala UPT Dinas Kehutanan Riau, Kepala Disnakbun Rohul Herdiyanto dan masyarakat.

Selain melakukan penanaman bibit aren perdana, juga dilakukan peresmian Lembaga Pengelola Hutan Desa Sei Kuning, Kecamatan Tandun. Kepala Desa Sei Kuning Ilham Rahmani menyampaikan terima kasih kepada ini bupati yang telah datang ke desanya.

Di sela penanaman bibit aren, Bupati Sukiman menyampaikan harapannya agar tanaman aren di Hutan Desa Sei Kuning dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat secara berkelanjutan.

Pengelolaan hutan desa sangat berorientasi pada peningkatan ekonomi masyarakat, namun perlu mempertimbangkan aspek lain yang merupakan satu kesatuan tidak terpisahkan.

Jika prinsip itu diabaikan dan tidak dipahami dengan baik, maka akan terjadi kerusakan hutan yang membawa akibat buruk pada semua aspek kehidupan masyarakat dan lingkungannya,ujar Sukiman.

Dia berharap, seluruh masyarakat Desa Sei Kuning dapat memanfaatkan hutan desa dan menjaganya. Hutan desa juga hanya dibolehkan tanaman sesuai Undang-Undang belaku.

Diakui, hutan desa adalah hutan negara yang dikelola masyarakat dalam organisasi administratif pedesaan yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat desa. "Hutan desa memberikan akses ke masyarakat melalui lembaga desa dalam memanfaatkan sumber daya hutan secara lestari dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan, ungkapnya.

Menurut Bupati, Rohul merupakan salah satu daerah penghasil aren. Karena itu, pemerintah daerah akan sangat mendukung penanaman aren untuk dimanfaatkan agar penghasilan masyaralat Desa Sei Kuning lebih baik dan meningkat ke depannya.

Kelolalah dengan sebaiknya bibit aren yang telah ditanam, sehingga nantinya Kabupaten Rokan Hulu jadi sentral aren, khususnya di Provinsi Riau," imbaunya.

Kepada masyarakat Desa Sei Kuning, Bupati Sukiman mengimbau agar hutan desa seluas 10 hektare bisa dimanfaatkan dan dikelola sebaik mungkin. Sehingga hasilnya sesuai
harapan dan dirasakan oleh masyarakat Desa Sei Kuning ke depannya. (adv/hum/Mat)


Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(393) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved