Selasa, 23 April 2019 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

16:10 WIB - Keluarga Korban Minta Pertanggung Jawaban dan Usut Tuntas | 16:10 WIB - Bupati Kampar Sampaikan LKPJ Tahun 2018. | 16:10 WIB - Selain Tabligh Akbar, Musholla Al - Azhar Khatamkan Siswa 30 Orang. | 16:10 WIB - Demokrat Raih Dua Kursi Untuk Dapil IV ?, Kursi Kedua Diduduki H. Azmi ST MT. | 16:10 WIB - Bupati Pantau Pelaksanaan UNBK Jenjang SMP | 16:10 WIB - BABINSA KORAMIL 03/SIAK LATIH PBB PESERTA LATSAR CPNS KAB. SIAK.
Bengkalis / Parah...Over Kapasitas Lapas Bengkalis capai 400%

Parah...Over Kapasitas Lapas Bengkalis capai 400%

Bengkalis - - Jumat, 11/01/2019 - 21:16:31 WIB
Maizar Kepala Lapas Kelas II A Bengkalis
TERKAIT:
Riauglobal.com, Bengkalis - Masih tingginya tingkat kriminalitas di Kabupaten Bengkalis membuat hunian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bengkalis menjadi overload. Dengan kapasitas hunian lapas Bengkalis yang seharusnya hanya menampung 309 penghuni tetapi hingga tahun 2019 melonjak drastis hingga mencapai 400 persen. Rata rata penghuni didominan oleh kasus narkoba.

kepada Riauglobal.com, Jumaat 11 Januari 2019 Kalapas Bengkalis Maizar mengatakan "sebenarnya masalah over kapasitas itu bukan semata-mata permasalahan angka saja. Tapi dengan kondisi kelebihan penghunian ini mengakibatkan pemenuhan hak narapidana dan tahanan pun jadi tidak optimal. Artinya kebutuhan yang tidak sebanding dengan jumlah narapidana dan tahanan yang ada," ungkap Maizar yang juga pernah menjabat Kalapas di Nusakambangan

Saat Riauglobal bertanya apakah Pemkab Bengkalis ikut turun tangan untuk mengatasi overload di lapas Bengkalis dengan tersenyum Maizar menjawab "memang pernah mendengar bahwa Pemkab Bengkalis berencana membangun lapas baru di Duri tapi ini masih (kabar burung), kalau pun itu ada, tentu tidak segampang seperti pembangunan yang ada di pemkab saat ini"

"Untuk membangun lapas baru itu tidak mudah bukan seperti pembangunan proyek -proyek yang ada di Bengkalis, tapi harus melalui proses yang sangat panjang hingga ke Kementerian, lagi pula kemampuan finansial Pemkab Bengkalis pun juga tidak akan mampu membangun Lapas baru. Jika jumlah tahanan terus menerus bertambah seperti ini," jelas Maizar menanggapi kabar burung tersebut.

Sebelumnya pemerintah Kabupaten Bengkalis pernah berjanji akan membantu masalah overload yang ada dilapas Kelas II A, ini pernah disampaiakan langsung oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat pemberian remisi pada peringatan 17 agustus 2018 yang lalu, Bupati bengkalis mengatakan pihak pemkab Bengkalis akan berupaya untuk mengatasi overload dilapas kelas II A Bengkalis, selama tidak bertentangan dengan aturan yang ada dan sesuaikan dengan kemampuan daerah.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis berkomitmen untuk membatu masalah Over Kapasitas ini, namun sepengetahuan kita untuk menambah ruang tahanan Lapas Bengkalis saat ini juga terkendala lahan," Jelas Bupati usai pemberian Remisi

Bupati berharap pihak Lapas sesegera mungkin untuk mendiskusikan ini dengan pemerintah Bengkalis. Terutama kepada Sekda Bengkalis yang merupakan ketua tim anggaran pemerintah daerah.

"Kita prihatin dengan kondisi overload yang dirasakan warga binaan saat ini, mereka juga warga negara Indonesia, kita akan bantu sesuai kemampuan kita," ungkap Bupati (Ham)
Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(383) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved