Rabu, 19 Juni 2019 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

08:52 WIB - Pengadilan Negeri Kelas IA Batam, Dan Pengadilan Agama Kelas IA Batam | 08:52 WIB - Peringatin HUT Bhayangkara Ke 73,Polsek Logas Tanah Darat Bantu Warga Kurang Mampu | 08:52 WIB - Peringati HUT Bhayangkara ke 73, Polsek Logas Tanah Darat Bantu Warga Kurang Mampu | 08:52 WIB - Tingkatkan Sinergitas Camat Kampar Ngopi Bareng Wartawan | 08:52 WIB - Sekda Inhil: Gaji 13 PNS Akan Cair 1 Juli | 08:52 WIB - Camat Rantau selatan Himbau Warga Laksanakan Jum
ADVERTORIAL / Kesehatan Peran Penting Tingkatkan SDM Masyarakat

Kesehatan Peran Penting Tingkatkan SDM Masyarakat

ADVERTORIAL - - Kamis, 09/05/2019 - 14:09:12 WIB
Kampar, (RiauGlobal)
Kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi.

Indeks Pembangunan Manusia meletakkan kesehatan adalah salah satu komponen utama pengukuran selain pendidikan dan pendapatan.

Kondisi umum kesehatan Indonesia dipengaruhi oleh faktor lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan. Sementara itu pelayanan kesehatan terdiri dari beberapa komponen antara lain ketersediaan dan mutu fasilitas pelayanan kesehatan, obat dan perbekalan kesehatan, tenaga kesehatan, pembiayaan dan manajemen kesehatan.

Fasilitas pelayanan kesehatan dasar, yaitu Puskesmas yang diperkuat dengan Puskesmas Pembantu dan Puskesmas Keliling, telah didirikan di hampir seluruh wilayah Indonesia, namun pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan masih menjadi kendala.

Gambar mungkin berisi: Rudi Ambardi Laida

Keterangan Foto : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Nurbit.

Terkait dengan hal tersebut pemerintah Kabupaten Kampar terus berupaya Ciptakan Pelayanan Kesehatan yang baik seperti yang baru - baru ini dilakukan oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Kampar untuk meyakini pelayanan kesehatan terhadap masyarakat terjalin baik Kadis Kesehatan Kampar lakukan Sidak Ke Puskesmas.

Pada kunjungan tersebut, Kadis Kesehatan yang didampingi oleh Kepala Sub Bagian Program, Informasi dan Hubugan Masyarakat Didi Dwiantoro, SKM. M.Kes dan Kepala Sub Bagian Keuangan dan Pengelola Aset Dinas Kesehatan Kampar Sapta Yulis, SE mengawali kegiatan dengan Apel pagi bersama dengan Kepala Puskesmas (dr. Siti Valiani) dan Staf.

Dalam arahannya saat memimpin Apel pagi di halaman Puskesmas tersebut demi tercapainya pelayanan yang baik Kadis menyampaikan beberapa hal penting, (1) Hendaknya pegugas melayani masyarakat dengan senyum dan sopan santun; (2) Tingkatkan kedisiplinan sesuai dengan aturan yang berlaku; (3) Tingkatkan kebersamaan dan kekeluargaan untuk kemajuan Puskesmas. (4) Kebersihan Puskesmas menjadi tanggung jawab Pegawai Puskesmas; (5) Semua Pegawai Puskesmas harus memakai name tag dan PNS memakai lambang Korpri.

Setelah melakukan Apel pagi,Kadis Kesehatan Kampar juga melakukan pemantauan langsung di ke ruang-ruang di Puskesmas Salo seperti Unit Gawat darurat (UGD), memeriksa jumlah tenaga kesehatan yang bersiaga serta jadwal piketnya, kesiapan obat, peralatan termasuk mekanisme rujukan apabila terjadi kasus gawat darurat.

"Kita sudah menegaskan kepada petugas untuk saling mengingatkan antar sesama petugas dalam menjaga Kedisiplinan dan meningkatkan Pelayanan Kesehatan yang baik kepada Masyarakat karna Melayani Masyarakat dengan baik adalah termasuk Kewajiban dan Ibadah, tutup Nurbit.

Gambar mungkin berisi: pohon, mobil, luar ruangan dan alam

Keterangan Foto : Kendaraan Tim terperosok saat menuju lokasi Puskesmas Kampar Kiri Hulu II.

Pantau Kesehatan Masyatakat Pinggiran Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar ke Puskesmas Kampar
Kiri Hulu II.


Sementara itu pada Jum’at (01/03/2019) tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar melakukan kunjungan ke salah satu wilayah kerja nya yaitu ke Puskesmas Kampar Kiri Hulu II yang termasuk ke dalam kategori salah satu Puskesmas dan daerah terpencil.

“Kunjungan kerja ini adalah dalam rangka Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) dan Pendampingan Akreditasi Puskesmas. Tim dari Dinas Kesehatan Kab. Kampar yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kampar melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Kampar (Dedy Rochyani, SKM, M.Kes), Kepala Bidang Yankes (dr. Ali Mora), Kepala Bidang P2P (Elfian, SKM, M.Kes), beberapa Kepala Seksi (Edi Pribadi, SKM, M.Kes, Ade Artato, SKM, MKM, Harun, SKM, Eko Wahyudi, SKM) dan beberapa orang staf Dinas Kesehatan Kab. Kampar serta turut hadir tim pendamping akreditasi Puskesmas yang diwakili oleh dr. Zulhendra Das’at”,
Papar Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Kampar (Dedy Rochyani, SKM, M.Kes).

“Perjalanan menuju lokasi kunjungan kerja tersebut yaitu Puskesmas Kampar Kiri Hulu II terjadi beberapa kendala dilapangan karena memang medan dilapangan yang susah dilalui sehingga menyebabkan tiga kali berhenti dikarenakan mobil yang dikendarai oleh tim mogok dan ban pecah tetapi karena semangat kerja kami sesuai dengan tagline yang diusung oleh Pemerintah Kab. Kampar yaitu kerja ikhlas, tuntas dan profesional tidak menyurutkan langkah kami sampai kelokasi kunjungan kerja untuk memberi bimbingan dan arahan kepada Puskesmas tersebut yang mana sesuai dengan amanah peraturan pemerintah bahwa tahun 2019 semua Puskesmas harus terakreditasi sehingga dengan Puskesmas telah terkreditasi semua
pelayanan kesehatan ke masyarakat menjadi maksimal”, Pungkas Dedy Rochyani, SKM, M.Kes.

Lebih lanjut Dedy Rochyani, SKM, M.Kes menjelaskan bahwa karena sangat sulit nya medan yang dilalui untuk sampai ke daerah ini kami bersama dengan pimpinan sudah mengusulkan permohonan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan RI untuk diletakkan tenaga Nusantara Sehat, mudahan usulan permohonan yang kami sampaikan diterima agar pelayanan kesehatan di Daerah ini menjadi lebih maksimal dan efektif.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang duduk

Keterangan Foto : Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar (Dedy Rochyani, SKM, M.Kes) Saat PKP ke Puskesmas Kampar Kiri Hulu II.

Sampainya di lokasi kunjungan kerja yaitu Puskesmas Kampar Kiri Hulu II tim Dinas Kesehatan Kab. Kampar dan Pendamping Akreditasi Puskesmas disambut langsung Plt. Kepala Puskesmas Kampar Kiri Hulu II (Joko Wahyudi, S.Kep) dan staf, “terima kasih kami sampaikan kepada tim Dinkes Kab. Kampar dan tim pendamping akreditasi puskesmas sudah berkenan mengunjungi kami untuk memberi bimbingan dan arahan”, Pungkas Plt. Kepala Puskesmas Kampar Kiri Hulu II (Joko Wahyudi, S.Kep).

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kampar melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Kampar (Dedy Rochyani, SKM, M.Kes) dalam penyampaiannya di Penilaian Kinerja Puskesmas menginstruksikan untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang harus didasari dengan rasa tanggung jawab, kerja ikhlas, tuntas dan profesional sehingga semua kerja akan terasa rinngan dan juga akan bernilai ibadah.

Selanjutnya penyampaian bimbingan akreditasi Puskesmas oleh tim Pendamping Akreditasi Puskesmas oleh dr. Zulhendra Das’at, “akreditasi adalah pengakuan terhadap fasilitas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa FKTP
tersebut telah memenuhi standar akreditasi.

Adapun unsur yang dinilai adalah : (1) Administrasi dan manajemen Puskesmas; (2) Penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat; dan (3) Penyelenggaraan upaya kesehatan perorangan”, jelas Zulhendra.

“Terus tingkatkan pelayanan kesehatan, mutu pelayanan dan jaga kekompokan serta jangan lupa kerja
ikhlas, tuntas dan profesional agar semua kerja yang kita lakukan bermanfaat dan bernilai ibadah”, tutup
Dedy Rochyani, SKM, M.Kes.(adv/rhm)

Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(321) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved