Senin, 19 08 2019 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

16:22 WIB - Kerja Nyata Koramil 05/Rupat dan Pokmas Bunga Raya Berdayakan Ekonomi Masyarakat | 16:22 WIB - Mahasiswa Kukerta Unri Desa Ujung Batu Timur Adakan Pesra dengan 18 Batang Pinang | 16:22 WIB - Bupati Inhil Dan Kadis Kesehatan Kunjungi RSUD Tembilahan | 16:22 WIB - Peringatan HUT RI ke 74 Di Kecamatan Sail Berlangsung Khitmad | 16:22 WIB - Peringatan HUT- RI Ke74, Gowes Merdeka Bersama Kodim 0314/Inhil | 16:22 WIB - Danramil 06/SA Bersama Kelurahan Sungai Apit Taja Lomba Gerak Jalan Beregu
ADVERTORIAL / Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis Kelola Sampah Yang Baik dan Benar

Wujudkan Bersih dan Sehat,
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis Kelola Sampah Yang Baik dan Benar

ADVERTORIAL - - Selasa, 21/05/2019 - 14:40:30 WIB
Bengkalis,(RiauGlobal)
Sampah merupakan salah satu masalah yang perlu penanganan yang serius dari berbagai elemen baik itu Pemerintah maupun masyarakat karena dengan pertumbuhan jumlah penduduk  yang semakin meningkat pastinya  jumlah sampah pun akan lebih banyak,  ini jelas dikerenakan pada kehidupan sehari-hari masyarakat pada umumnya pasti menghasilkan sampah mulai dari limbah industri industri hingga limbah dari rumah tangga.



Permasalahan jika tidak dikelola  dengan baik maka dikhawatirkan akan tingginya jumlah tumpukan sampah sudah pasti akan semakin banyak berkembang biaknya kuman dan bakteri dan sudah pasti akan menimbulkan bibit penyakit, serta lingkungan akan menjadi tidak sehat.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam upaya mengolah sampah di Kabupaten Bengkalis, melalui Dinas Lingkungan Hidup terus berupaya mengolah sampah agar bisa dikelola dengan benar  agar permasalahan sampah bisa diatasi baik.


Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arman AA.

Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arman AA, bahwa Dinas Lingkungan Hidup terus berupaya memberi motivasi kepada masyarakat swasta, juga untuk anak sekolah bagaimana mengurangisampah.

Karena untuk mengurangi sampah dibutuhkan kesadaran dan kerjasama aktif dari seluruh elemen masyarakat, salah satunya memanfaatkan keberadaan bank sampah. Biasakan memilah sampah karena barang-barang bekas itu bisa berguna dan bisa dijadikan uang, misalnya botol, besi, koran dan sampah yang bernilai ekonomis lainnya.



“Diharapkan masyarakat Bengkalis untuk bisa memanfaatkan bank sampah Berseri yang berada di Jalan Rumbia, Kecamatan Bengkalis, karena dengan menfaatkan bank sampah bisa menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Bengkalis,” ungkap Araman
.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) H Arman AA menargetkan tahun 2019 ini sampah bisa bernilai ekonomis.

“Tahun ini saya targetkan bagaimana dengan sampah bisa bayar listrik dan bisa isi pulsa,” ungkapnya lagi.



Arman menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah memiliki bank sampah. Keberadaan bank sampah untuk membantu menangani pengolahan sampah dan menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih.



“Bank sampah kita ada di jalan Hasanuddin dekat Hotel Horizon. Biasakan memilah sampah karena barang-barang bekas itu bisa berguna misalnya botol, plastik, besi, koran dan sampah lainnya," ajaknya.



Saat ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sudah over. Menurutnya dengan menabung sampah di bank sampah akan mampu mengurai penumpukan sampah di TPA.



“Mari manfaatkan bank sampah kita, karena saat ini sampah bisa dijadikan tabungan yang uangnya bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari,” imbaunya.



Direncanakan tahun ini pemerintah akan membangun 2 bank sampah salah satunya di Desa Pedekik. Arman berharap masyarakat lebih proaktif untuk memanfaatkan bank sampah. Sejak beberapa minggu lalu khusus staf DLH, Ia menginstruksikan untuk membawa sampah untuk ditabung.



“Setiap hari Selasa seluruh pegawai DLH harus bawa sampah untuk ditabung ke bank sampah. Mudah-mudahan ini diikuti SOPD dan masyarakat. Mulai sekarang kita harus memanfaatkan sampah supaya dengan sampah bisa bayar listrik dan bisa isi pulsa,” paparnya.



Selain bank Sampah program terbaru Dinas Lingkungan Hidup saat ini untuk mewujudkan kota bersih dari sampah dan nyaman adanya Satuan Tugas (Satgas) Sampah yang dibentuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis yang tugas terus berpatroli di tiga ibukota kecamatan.



Arman AA, mengatakan bahwa ketiga ibukota kecamatan yang menjadi pemantauan dan patroli Satgas Sampah yakni Bengkalis, Mandau dan Pinggir. Jumlah Satgas Sampah 33 orang dengan rincian yang bertugas di Duri, Kecamatan Mandau, sebanyak 20 orang, Pinggir 5 orang dan Bengkalis 8 orang.


Cara kerja Satgas Sampah dalam menjalankan tugas dibagi secara bergiliran (shif). Mereka bergerak keliling kota dan ada juga yang standby di kawasan strategis. Khusus untuk Kota Duri, Kecamatan Mandau, patroli dilakukan sampai malam, mengingat Kota Duri luas dan jumlah penduduknya banyak.

Jika di lapangan, Satgas Sampah ini menjumlah warga yang membuang sampah, langsung ditegur.

Jika warga membuang dari balik jendela mobil, maka nomor plat kendaraan (mobil) langsung dicatat, bahkan dikejar untuk diberitahu atau diingatkan.

“Untuk tahap kita melakukan pendekatan persuasif. Sifatnya teguran, agar masyarat mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan,” ungkap Arman.



Selain berpatroli di jalan-jalan strategis, Satgas Sampah ini akan berpatroli di pasar, pertokoan dan perumahan warga.

Untuk lebih memperkenalkan keberadaan Satgas Sampah ini, pihak DLH terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kepala desa serta stakeholder.

Hal ini agar keberadaan Satgas Sampah tidak menimbulkan kesalahpahaman warga di lapangan.

Seperti diketahui, untuk mewujudkan lingkungan bersih di Kota Duri, Kecamatan Mandau, pada tahun 2019 pihak DLH Kabupaten Bengkalis menyiapkan tong sampah sebanyak 100 unit.

Langkah ini untuk mengurangi sampah di Duri.

Menurut Arman salah satu cara untuk mengurangi sampah, selain menyiapkan sarana prasarana pendukung, membangkitkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan. Misalnya dengan cara menabung sampah di Bank Sampah yang ada di Kecamatan Mandau.

Sejauh ini, kata Arman, di ibu kota Bengkalis, kebiasaan menabung Bank Sampah sudah berjalan.

Terlebih bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup DLH, setiap hari Selasa dianjurkan membawa sampah ke kantor untuk disetorkan ke Bank Sampah.



Untuk itu, Kepala DLH menyarankan kepada masyarakat agar membiasakan menabung sampah di Bank Sampah. Karena dengan menabung sampah, selain akan mengurangi sampah, juga akan menambah pundi-pundi ekonomi.



"Kalau di Surabaya, warga naik bus membayar dengan uang sampah. Kita harapkan di tempat kita, warga mau menabung sampah untuk bayar listrik dan lainnya," ungkapnya.

 
Dengan kerja keras Pemerintah Kabupaten Bengkalis melaui Dinas Lingkungan terbukti dengan  mendapatkan penghargaan piala adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup  dan Kehutanan yang baru saja diterima Pemkab Bengkalis awal tahun .

Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri LHK, Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Anggota DPRD Bengkalis Hj Aisyah, dari Praksi Golkar daerah pilihan (Dapil Kec. Siak Kecil, Kec. Bukit Batu dan Kec. Bandar Laksamana) mengatakan, mewujudkan Kota yang Bersih, Indah dan Asri, Kabupaten Bengkalis harus bebas dari Sampah.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, dekat
Hj Aisyah,

Maka, diharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis terus berbenah mengatasi masalah persampahan. Dan disarankan juga kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempat Penampungan Sementara (TPS) yang telah disediakan, katanya kepada media diruang kerjanya, Kamis.




"Apalagi, Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu Kabupaten dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau yang memiliki letak geografis yang strategis. Selain itu, Kabupaten Bengkalis ini juga kaya sumber daya alam seperti minyak bumi dan mempunyai banyak potensi dan peluang investasi serta kegiatan bisnis yang menjanjikan.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis memiliki komitmen yang tinggi serta senantiasa berupaya semaksimal mungkin memberikan berbagai fasilitas dan kemudahan bagi investor dan pelaku bisnis yang ingin berinvestasi dan berusaha di daerah ini," tuturnya.

 Apresiasi keberhasilan Pemkab Bengkalis menciptakan lingkungan dengan mengelola sampah dengan baik datang dari Kepala Desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis Mukiono yang memberikan apresiasi atas keberhasilan kota Bengkalis meraih penghargaan Adipura

 

“Keberhasilan Bengkalis yang kembali mendapat penghargaan Adipura tahun ini memang sudah patut diapresiasi. Kami dari Pemerintah Desa Simpang Ayam Bengkalis ikut bangga dengan capaian ini,” ungkap Mujiono.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, dekat
 

Namun demikian, Orang Nomor satu Desa Simpang Ayam itu menaruh harapnya, kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis agar bisa secepatnya mengatasi Abrasi dipulau Bengkalis termasuk di Desanya.



 

“Kami menaruh harapan besar kepada bapak Bupati untuk memperhatikan Abrasi di pulau Bengkalis Khususnya  Desa kami, kami percaya bahwa pemerintah Daerah pasti akan berbuat sesuatu untuk secepatnya mengatasai permasalahan abrasi ini,” tutup Kades.(Adv/Ilh)


Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)


Rabu, 10/10/2018 - 14:41:08 WIB
Aneh,Setelah Ditangkap,Pria Ini Pulang Jadi Mayat.
Jumat, 04/01/2019 - 13:53:10 WIB
Susi Susanti Meninggal Dunia Dengan Cara Gantung Diri
Rabu, 18/07/2018 - 23:31:45 WIB
Diduga Terlibat Kasus Narkotika , Empat Warga Duri Dibekuk Tim Opsnal Polsek Pinggir
Jumat, 28/12/2018 - 13:25:51 WIB
E-KTP
Tangisan Pilu Bocah Karena Ibu Di Antri Di Kantor Camat
Rabu, 26/06/2019 - 10:59:49 WIB
Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau
Pajak Kendaraan Diturunkan Hingga 50 Persen
Senin, 22/04/2019 - 22:33:27 WIB
Terkait Insiden Jatuhnya PRT dari Lantai 3
Keluarga Korban Minta Pertanggung Jawaban dan Usut Tuntas
Minggu, 20/01/2019 - 09:46:38 WIB
Seorang Nenek Rela Terbunuh Demi Selamatkan 3 Orang Cucunya
Jumat, 30/11/2018 - 23:38:41 WIB
Pengadilan Negeri Tanjungpinang
Vonis Zifrizal 1,8 Tahun Penjara
Kamis, 30/08/2018 - 09:55:20 WIB
Dalam Hitungan Jam , Pelaku Pembunuhan Diperkebunan Pt Adei Berhasil Ditangkap Buser Pinggir
Minggu, 19/05/2019 - 18:01:14 WIB
PKS Bawa Fitnah Penggelembungan Suara di Mandau dan C1 Aspal Ke Ranah Hukum.
Senin, 22/10/2018 - 19:57:49 WIB
Selama 1 Hari 1 Malam " Tim Restik Polres Bengkalis Di Duri Amankan 5 Tersangka Dan 36 Gram Sabu
Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved