Sabtu, 23 November 2019 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

08:34 WIB - Sempena HPN Tahun 2020 GAPKI Riau Pendukung Utama LKTW Raja Ali Kelana | 08:34 WIB - Wabup Ucapkan Selamat Atas Peresmian Pos Koramil 02 Gunung Kijang. | 08:34 WIB - Upsus Sertu Susiawan Bersama Petani Binannya Ikut Tanam Padi | 08:34 WIB - Sengketa Kelompok Tani Kec Batangtuaka dan PT. SAGM / YLKI Bawa KEJAKARTA Untuk Perjuangkan Haknya | 08:34 WIB - Calon Kepala Desa Tanah Merah Nomor Urut 1, Siren Friendly disambut hangat masyarkat RW. 10 | 08:34 WIB - Semua Saksi Sudah Dipanggil, Dalam Waktu Dekat Akan Ada Penetapan Tersangka
ADVERTORIAL / Bupati Amril Mukmin : Kades Harus dan Mencari Inovasi yang Tepat Sesuai Potensi Desanya

KABUPATEN BENGKALIS KEMBALI GELAR BURSA INOVASI DESA
Bupati Amril Mukmin : Kades Harus dan Mencari Inovasi yang Tepat Sesuai Potensi Desanya

ADVERTORIAL - - Rabu, 04/09/2019 - 22:11:34 WIB
Bengkalis,(RiauGlobal) 
Bursa Inovasi Desa (BID) 2019 di Kabupaten Bengkalis kembali  digelar, yang mana BID ini merupakan acara yang memiliki arti sangat penting untuk memotivasi masyarakat Kabupaten Bengkalis, BID juga menjadi ajang untuk saling tukar pendapat, tukar gagasan dan tukar pengalaman. Setiap keberhasilan di Desa lain merupakan untuk memotivasi dan pembelajaran agar desa lainnya bisa mencontoh keberhasilan tersebut

Bursa Inovasi Desa sendiri merupakan bagian dari Program Inovasi Desa (PID) yang dilatarbelakangi oleh hadirnya Undang–Undang Nomor 6 Tahun 2014 dimana Desa memiliki dua kewenangan, yakni kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa. Kewenangan ini menuntut kreatifitas Desa dalam pengelolaan anggaran.

Untuk Bursa Inovasi Desa yang digelar Kabupaten Bengkalis tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana untuk BID tahun ini diselenggarakan oleh masing-masing kecamatan, untuk pembukaan dilaksanakan di BID.Cluster I Gerbang Utama  Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan yang digelar di Aula lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Senin, 5 Agustus 2019.

Acara pembukaan dimulai dengan tari persembahan oleh siswi SD N 1 Bengkalis, pemutaran testimoni inovasi desa, diakhiri dengan pemukulan gong oleh Sekda H Bustami HY dampingi Kepala Dinas PMD Yuhelmi, Camat Bantan Reza Noverindra dan Ketua Pelaksana BID Agus Salim, pertanda Bursa Inovasi Desa Cluster I Gerbang Utama dimulai.

Usai dibuka secara resmi, para perwakilan desa mulai memasuki Ruang Bursa sesuai kebutuhan desanya dan mengisi Kartu Komitmen beserta Kartu Ide. Setelah pengisian kartu maka dimulai rapat pleno untuk menetapkan inovasi-inovasi yang ada bagi desa di Kecamatan Bengkalis dan desa di Kecamatan Bantan.

Ruang Bursa dibagi menjadi tiga yakni A, B dan C, Bursa A untuk Pengembangan Infrastruktur Desa, Bursa B Ekonomi Kewirausahaan, Bursa C untuk Sumber Daya Manusia.

Dalam sambutan tertulis  Bupati Kabupaten Bengkalis Amril Mukminin yang dibacakan Sekda H Bustami HY saat membuka kegiatan BID Cluster I Gerbang Utama untuk Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan, Bupati Bengkalis Amril Mukminin meminta peserta Bursa Inovasi Desa (BID) untuk meniru dan berkomitmen mengimplementasikan inovasi – inovasi yang didapat sesuai dengan potensi sumber daya yang ada di desa masing-masing.

“Dengan begitu, Pemerintah Desa memiliki referensi dalam merencanakan dan menjalankan pembangunan desa agar menggunakan dana desa lebih optimal, inovatif dan berkualitas,” ungkapnya.

Lebih lanjut Orang nomor satu di Negeri Junjungan itu mengatakan bahwa desa harus lebih inovatif dalam merencanakan, melaksanakan, dan merasakan dampak dari pembangunan.

“Para Kepala Desa hendaknya betul-betul dapat mencari contoh inovasi yang tepat untuk direplikasi sesuai dengan potensi lokal serta mampu menjawab permasalahan yang ada di desanya,”katanya.

Ketua Pelaksana BID Agus Salim dalam laporannya mengatakan peserta BID Cluster I berjumlah 51 desa terdiri dari 28 desa di Kecamatan Bengkalis dan 23 desa di Kecamatan Bantan dan Menurut Agus, tujuan diselenggarakannya BID sendiri adalah untuk penguatan dari tujuan pembentukan unit pemerintahan terdepan yaitu desa.

 “BID ini diikuti  51 desa terdiri dari 28 desa di Kecamatan Bengkalis dan 23 desa di Kecamatan Bantan, untuk itu kami berharap kepada Kepala Desa di Kecamatan Bengkalis dan Bantan agar mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengertahuan secara partisipatif,” terang Agus

“Desa-desa di dua Kecamatan ini yang sebagian besar bermata pencaharian bertani, buruh dan usaha lainnya diharapkan bisa terus melakukan inovasi untuk makin meningkatkan kesejahteraan agar mewujudkan daerah yang maju, sejahtera dan berprestasi. Desa harus lebih inovatif dalam merencanakan, melaksanakan, dan merasakan dampak dari pembangunan,” ungkap Agus

Agus juga ia menyebutkan tujuan penyelenggaraan bursa inovasi desa antara lain untuk meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa untuk itu melalui program inovasi desa, Kesejahteraan masyarakat desa juga diharapkan makin meningkat

“Para Kepala Desa hendaknya betul-betul dapat mencari contoh inovasi yang tepat untuk direplikasi sesuai dengan potensi lokal serta mampu menjawab permasalahan yang ada di desanya,”katanya.

Lebih lanjut Ketua pelaksana BID itu berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini bias menjadi ajang pertukaran dan penyebarluasan informasi inovasi Desa untuk menjadi bahan pembelajaran bagi Pemerintah Desa dalam menjalankan program pembangunan yang memiliki nilai inovatif dan kemanfaatan untuk masyarakat.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan Pemerintah Desa sebagai solusi menyelesaikan masalah, serta alternatif kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dalam penggunaan dana desa yang efektif dan inovatif,” harap Agus.

Kades Pambang Pesisir Pasla yang juga selaku Ketua Ikatan Kepala Desa (PKD) Kabupaten  Bengkalis  menyambut baik kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) yang di gelar Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)

Karena menurut Ketua PKD itu kegiatan seperti ini bisa memotivasi desa untuk menggali potensi – potensi yang ada pada masing-masing desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya , terlebih lagi untuk kemajuan Kabupaten Bengkalis.

Lebih lanjut Kades Pambang Pesisir  Kecamatan Bantan Bahwa untuk Desa yang berada di Kabupaten Bengkalis banyak memiliki potensi terutama dibidang pariwisata serta berbagai kerajinan dan olahan yang sudah dit terkenal oleh masyarakat luar bahkan hingga ke Negara luar

“Dengan terselenggaranya kegiatan BID ini  tentu bisa memajukan perekonomian desa dan masyarakatnya  tentunya melaui anggaran yang dimiliki, dan diharapkan potensi ini bisa dikembangkan oleh masing-masing desa, karena ini merupakan hal yang sangat baik bagi desa bersangkutan tinggal lagi bagaimana desa untuk terus berinovasi dan menggali potensi yang sudah ada di desa mereka masing-masing,” ungkap Pasla

Terakhir  Ketua PKD Kabupaten Bengkalis itu juga  mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan semua pihak yang terlibat untuk mensukseskan kegitan ini, Kedepannya kita berharap  semoga dengan BID yang dilaksanakan bisa bersama – sama memajukan Negeri Junjungan ini,”pungkasnya.

Kegiatan Bursa Inovasi desa diikuti 51desa dari Kecamatan Bengkalis dan Bantan. Tampak hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H.Yuhelmi, Camat Bantan Reza Noverindra, Para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kepala Desa se-Kecamatan Bengkalis dan Bantan, Ketua BPD Desa se-Kecamatan Bengkalis dan Bantan.
 
BID Cluster II Gerbang Laksamana diselenggara di Kecamatan Bukit Batu

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis, H Yuhelmi saat membuka secara resmi Bursa Inovasi Desa (BID) tahun 2019, Cluster II Gerbang Laksamana. Meliputi Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksmana, Selasa (6/08/2019) di Gedung Serba Guna Kecamatan Bukit Batu.

Dikatakan H Yuhelmi bahwa BID merupakan salah satu cara Pemerintah memberikan apresiasi terhadap inisiatif yang dilakukan masyarakat desa. Sebagai pertukaran pengalaman antar desa sehingga tumbuh semangat untuk melahirkan inovasi baru dalam pembangunan desa.

BID juga sebagai wadah belajar bagi pemerintah desa memperoleh informasi yang dapat mendukung pembangunan desa di wilayah Kabupaten Bengkalis. "Melalui kegiatan BID ini, potensi-potensi yang ada didesa dapat terekspose. Terutama inovasi yang telah dilakukan di tingkat desa.

Untuk itu, Bagi pemangku kebijakan di desa agar manfaatkan momentum ini sebagai wadah dan langkah strategis untuk berinovasi di desanya masing-masing."Kata Yuhelmi.

Kemudian lanjut  H Yuhelmi lagi, para Pemerintah Desa dapat meniru dan berkomitmen untuk mengimplementasikan inovasi yang didapat sesuai potensi sumber daya yang ada di setiap desanya masing-masing.

"Kami berharap Pemerintah Desa memiliki referensi dalam merencanakan dan menjalankan pembangunan desa, agar menggunakan dana desa secara optimal, inovatif dan berkualitas. Serta merevitalisasi peran pendamping desa dalam pengembangan infrastruktur ekonomi lokal dan sumber daya manusia," harapnya.

BID tambah H Yuhelmi, selain membidik tiga isu besar yakni, infrastruktur, kewirausahaan dan sumber daya manusia juga menjadi trigger bagi mendorong daya kreasi dan inovasi bagi pemangku kepentingan desa. 

"Karena BID menjambatani kebutuhan Pemerintah Desa dalam pencarian solusi bagi penyelesaian masalah serta alternatif kegiatan pembangunan desa,"Papar H Yuhelmi.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Camat Kecamatan Bukit Batu, Taufik Hidayat bahwa BID yang dilaksanakan terdiri dari 3 Kecamatan ini merupakan salah satu cara untuk menggali potensi yang ada di desa. Sehingga setiap desa berinovasi dalam menggunakan dana desa secara bermanfaat. "Mari kita datang, komit, tiru dan maju pada BID Cluster II Gerbang Laksmana untuk menciptakan pembangunan desa yang berkualitas dan berdaya guna," tutup Taufik.(il)


Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)


Rabu, 10/10/2018 - 14:41:08 WIB
Aneh,Setelah Ditangkap,Pria Ini Pulang Jadi Mayat.
Jumat, 04/01/2019 - 13:53:10 WIB
Susi Susanti Meninggal Dunia Dengan Cara Gantung Diri
Rabu, 18/07/2018 - 23:31:45 WIB
Diduga Terlibat Kasus Narkotika , Empat Warga Duri Dibekuk Tim Opsnal Polsek Pinggir
Jumat, 28/12/2018 - 13:25:51 WIB
E-KTP
Tangisan Pilu Bocah Karena Ibu Di Antri Di Kantor Camat
Senin, 09/09/2019 - 13:55:51 WIB
Karena Hutang tidak kunjung dibayar, Kepala BPKAD Kuansing diposting oleh Akun FB Putri Permatasari
Rabu, 26/06/2019 - 10:59:49 WIB
Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau
Pajak Kendaraan Diturunkan Hingga 50 Persen
Senin, 22/04/2019 - 22:33:27 WIB
Terkait Insiden Jatuhnya PRT dari Lantai 3
Keluarga Korban Minta Pertanggung Jawaban dan Usut Tuntas
Minggu, 01/09/2019 - 15:38:55 WIB
Pantun Dan Rasa Haru Hiasi Pisah Sambut Kapolsek Kemuning
Minggu, 20/01/2019 - 09:46:38 WIB
Seorang Nenek Rela Terbunuh Demi Selamatkan 3 Orang Cucunya
Jumat, 30/11/2018 - 23:38:41 WIB
Pengadilan Negeri Tanjungpinang
Vonis Zifrizal 1,8 Tahun Penjara
Kamis, 30/08/2018 - 09:55:20 WIB
Dalam Hitungan Jam , Pelaku Pembunuhan Diperkebunan Pt Adei Berhasil Ditangkap Buser Pinggir
Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved