Kamis, 24 Oktober 2019 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

13:12 WIB - Persiapkan SDM, FPTI dan Sakai Climbing Club Gelar Training Juri | 13:12 WIB - Pencairan Dana Media Terkendala Hingga Berbulan-bulan, Karna Oknum Diskominfo Jarang Masuk | 13:12 WIB - Ketua Adat LAMR Bhatin Solapan Dan Dewan Penasehat PSMTI Ucapkan Terima Kasih Kepada TNI - Polri | 13:12 WIB - PT Chevron Pacific Indonesia Bangun Empat Jembatan Untuk Masyarakat Rantau Kopar | 13:12 WIB - Komsos Babinsa Dengan Warga, Himbau Masyarakat Bersama-sama Jaga Wilayah | 13:12 WIB - Melalui Pentas Seni dan Budaya 2019, Mari Menjaga Keharmonisan di Riau Kompleks
Natuna / Operasional SKPT Selat Lampa Resmi di Buka

Bupati Natuna Dampingi Menteri KKP
Operasional SKPT Selat Lampa Resmi di Buka

Natuna - - Senin, 07/10/2019 - 18:21:13 WIB
Bupati Natuna (Drs. Hj. Abdul Hamid Rizal, M.Si), bersama Menteri KKP (Susi Pujiastuti) saat Peresmian Operasional SKPT Lampa - Natuna.
TERKAIT:
Riau Global - Natuna, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, sekaligus Peresmian Operasional SKPT Natuna, di Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Senin pagi (7/10).

Didampingi, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, Menteri Kelautan dan Perikanan RI tiba di Selat Lampa, disambut meriah oleh masyarakat Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat.

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang sudah mau hadir kesekian kali di Natuna ini, dalam acara peresmian SKPT di Selat Lampa.

Bupati Natuna, berharap dengan peresmian SKPT ini akan dapat menambah pendapatan para nelayan dan masyakat Natuna.
"Dengan adanya SKPT ini, kita masyarakat Natuna merasakan sekali adanya peningkatan perekonomian yang jauh meningkat dari sebelumnya. Bisa kita lihat, awalnya peningkatan perekonomian nelayan hanya 3 setengah persen, sekarang ini dengan adanya SKPT ini bisa bertambah mencapai 5,8 persen. Ini menandakan bahwa SKPT ini sudah bisa membantu masyarakat nelayan", Ujarnya.

Selain itu, Bupati Hamid Rizal,  menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian pemerintah pusat kepada Natuna dengan di bangunnya SKPT dan memberikan santunan kepada nelayan Natuna. Sehingga masyarakat nelayan Natuna bisa sejahtera.

Kesempatan sama, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti menjelaskan pembangunan SKPT di Selat Lampa ini memakan biaya sebesar Rp. 221,7 Milyard dari tahun 2015 sampai selesai tahun 2019. Sehingga pembangunan mendekati 100% terlaksana.

Dikatakan Menteri KP RI,  Pemerintah Pusat akan mengedepankan pembangunan di pulau terdepan terutama pada pembangunan perikanan dan kelautan. Dengan pembangunan pulau terdepan ini akan menjadi titik tolak pemerintah pusat, sesuai dengan Visi dan Misi Presiden RI. Untuk itu pembangunan SKPT ini harus dijaga untuk dijadikan senteral perikanan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Natuna.

Susi Pudjiastuti berharap kedepannya peran pemerintah daerah harus lebih gencar dengan perikanan, karena akan menjadikan PAD Natuna kedepan. Salah dengan adanya sentral perikanan pemerintah bisa memungut retribusi ke pengusaha ikan.

Menurut Susi, hilangnya pencuri ikan akan berdampak positif untuk nelayan Natuna.

Susi berpesan kepada nelayan dan pengusaha ikan di Natuna, agar tidak menjual ikan atau melakukan perdagangan ikan ditengah laut. Selain itu nelayan jangan menggunakan bom untuk melakukan penangkapan ikan, sehingga berakibat patal dan terjadi kerusakan karang.

Jika ini terjadi,  tidak menutup kemungknan pemerintah pusat menutup dan mencabut perijinan penjualan ikan. Pemerintah Pusat benar-benar akan menjaga pulau-pulau terdepan dan terluar salah satunya di Natuna.

Menteri Susi menjelaskan, setelah empat tahun lebih pihaknya membangun Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa secara bertahap dan akhirnya berdiri hampir seratus persen.
“Pelabuhan SKPT Selat Lampa ini mulai dibangun pada tahun 2015 lalu, hingga tahun 2019 ini sudah menghabiskan biaya sebesar Rp 221,7 milyar. Akhirnya berkat kerja keras pelabuhan SKPT berdiri, semoga semua pasilitas yang ada bisa bermanfaat bagi masyarakat Natuna dan masyarakat Indonesia tentunya”,harap Menteri Susi.

Menteri Susi menyakini, dengan memperkuat prekonomian di pulau terdepan Indonesia, maka keamanan laut dari para pencuri ikan negara asing bisa diatasi.
“saya yakin ini adalah cara yang paling strategis dan efisien dalam membangun pertahanan di pulau terdepan. Demi meningkatkan keamanan laut dari pencuri ikan, dan untuk meningkatkan prekonomian nelayan Natuna,” paparnya.

Menteri Susi Pudjiastuti menyampaikan ucapan terimakasih kepada Negara Jepang, karena akan menghibahkan 6 Milyard Yen untuk pembangunan pelabuhan di 6 titik daerah terdepan di Indonesia salah satunya di Natuna

Turut hadir dalam kegiatan peresmian SKPT di Selat Lampa tersebut Sekjen KKP RI, Dirjen Perikanan Tangkap, Dijen PDS/ Plt Dirjen PSDKP,  Kepala BKIPM, Staf Khusus MKP,  Rombongan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, Ketua DPRD Natuna, FKPD Natuna,  Pimpinan Perum Perindo, BNI, Bank Mandiri, BRI, Bank Riau Kepri, PLN, Pertamina, dan Masyarakat Nelayan Natuna.


Laporan : Korwil Kepri (Agus Regar)

Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)


Rabu, 10/10/2018 - 14:41:08 WIB
Aneh,Setelah Ditangkap,Pria Ini Pulang Jadi Mayat.
Jumat, 04/01/2019 - 13:53:10 WIB
Susi Susanti Meninggal Dunia Dengan Cara Gantung Diri
Rabu, 18/07/2018 - 23:31:45 WIB
Diduga Terlibat Kasus Narkotika , Empat Warga Duri Dibekuk Tim Opsnal Polsek Pinggir
Jumat, 28/12/2018 - 13:25:51 WIB
E-KTP
Tangisan Pilu Bocah Karena Ibu Di Antri Di Kantor Camat
Senin, 09/09/2019 - 13:55:51 WIB
Karena Hutang tidak kunjung dibayar, Kepala BPKAD Kuansing diposting oleh Akun FB Putri Permatasari
Rabu, 26/06/2019 - 10:59:49 WIB
Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau
Pajak Kendaraan Diturunkan Hingga 50 Persen
Senin, 22/04/2019 - 22:33:27 WIB
Terkait Insiden Jatuhnya PRT dari Lantai 3
Keluarga Korban Minta Pertanggung Jawaban dan Usut Tuntas
Minggu, 20/01/2019 - 09:46:38 WIB
Seorang Nenek Rela Terbunuh Demi Selamatkan 3 Orang Cucunya
Jumat, 30/11/2018 - 23:38:41 WIB
Pengadilan Negeri Tanjungpinang
Vonis Zifrizal 1,8 Tahun Penjara
Kamis, 30/08/2018 - 09:55:20 WIB
Dalam Hitungan Jam , Pelaku Pembunuhan Diperkebunan Pt Adei Berhasil Ditangkap Buser Pinggir
Jumat, 16/08/2019 - 14:31:00 WIB
Plt, Bupati Labuhanbatu Ikuti Rapat Paripurna Dan Pembacaan Pidato Presiden RI
Plt, Bupati Labuhanbatu Ikuti Rapat Paripurna Dan Pembacaan Pidato Presiden RI
Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved