Minggu, 20 08 2017 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

16:08 WIB - Sambangi Masyarakat di Pelosok, Wabup Minta Semua Siap Hadapi Perubahan Natuna | 16:08 WIB - Kampung Bandar Pedada Lomba Memasak, Ajang Silaturahmi Antar RW | 16:08 WIB - Wabup Ngesti : Kerja Keroyokan Itu Bagus | 16:08 WIB - Ormas Pemuda Pancasila dan karang taruna Bandar Pedada Gelar Upacara Kemerdekaan HUT RI KE 72 | 16:08 WIB - Bupati Siak Secara Resmi Membuka RAKERCAB Pramuka Tahun 2017 | 16:08 WIB - Peringatan HUT RI ke 72 di Kampung Merempan Hilir Berlangsung Secara Hikmat
Politik / Kunjungi University Chiba, Ini yang Dilakukan Pejabat Siak Selama di Jepang

Kunjungi University Chiba, Ini yang Dilakukan Pejabat Siak Selama di Jepang

Politik - - Rabu, 30/11/2016 - 19:42:37 WIB
Siak Sri Indrapura, (Riau Global)
Terkait keberangkatan Empat Pejabat Teras di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak ke Negeri Sakura (Jepang, red) beberapa waktu lalu, sejumlah elemen masyarakat Kabupaten Siak merasa penasaran dan bertanya-tanya, apa tujuan mereka (Pejabat Siak, red) berkunjung ke Jepang ?, dan siapa yang membiayai mereka ke sana ...?

Sebagaimana dikemukakan oleh salah seorang warga Siak Datok Pribumi, dirinya merasa begitu penasaran atas tersiarnya kabar, di tengah kondisi keuangan daerah yang sedang sekarat alias terombang-ambing akibat Rasionalisasi, justeru sejumlah Pejabat Teras di Siak malah  Plesiran ke luar negeri.

"Belum lama ini kami mendapat kabar dari teman-teman di warung kopi, katanya sejumlah Pejabat Teras di Siak melakukan kunjungan ke Jepang, tapi belum diketahui secara pasti apa tujuan mereka-mereka itu ke Jepang, semoga saja sekembalinya mereka ke Siak, nantinya bisa membawa kabar gembira untuk kemajuan Siak ke depan", ujar Datok Pribumi.

Menanggapi sejumlah desas-desus dan rasa penasaran dari masyarakat Kabupaten Siak itu, Kepala Bagian (Kabag) Humas Setdakab Siak Budi Yuwono membenarkan, jika pada beberapa hari yang lalu sejumlah Pejabat Teras di lingkungan Pemkab Siak melakukan kunjungan ke Jepang. Dan kunjungan itu dalam rangka memenuhi undangan dari salah satu Universitas yang ada di Jepang. Namun, Kabag Humas Setdakab Siak itu membantah terkait rumor yang beredar, bahwasanya salah satu Pejabat Siak yang diutus ke Jepang itu berangkat dengan menyertakan anak dan istri.

"Mereka ke Jepang dengan tujuan memenuhi undangan, yang mana keberadaan mereka di sana kemungkinan hanya sekitar 4 hari, dan setahu saya keberangkatan mereka ke Jepang itu tidak ada menyertakan anak dan istri", terang Budi Yuwono.

Atas penjelasan yang disampaikan oleh Kabag Humas Setdakab Siak itu, masyarakat dan awak media masih merasa penasaran. Karena sejauh ini belum diketahui secara pasti, terkait perihal apa saja yang dibahas oleh para Pejabat Siak di Negeri Sakura tersebut.

Sehingga awak media berusaha mencari dan memintai penjelasan kepada salah satu Pejabat Siak yang ikut dalam rombongan ke Jepang. Dan didapati penjelasan dari Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga dan Pengairan (BMP) Siak Irving Kahar Arifin, bahwasanya prihal yang dibahas di sana salah satunya adalah soal bea siswa bagi Anak-anak Siak yang ingin belajar di Jepang.

"Kami ke Jepang atas undangan Universitas Chiba dalam acara hubungan kerjasama antara Pemerintah Jepang dan Indonesia. Yang hadir di sana antara lain adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Pemda Bangka Belitung, dan Pemda Siak", terang Irving Kahar Arifin, seperti yang dimuat porosriau.com Jum'at (25/11/2016).

Sungguh merupakan suatu kebanggaan bagi Kabupaten Siak, yang mana pada rangkaian acara yang digelar di University Chiba Jepang tersebut, utusan dari Kabupaten Siak yang diwakili oleh Sekdakab Siak T Said Hamzah, Kadis BMP Siak Irving Kahar Arifin, Kepala DPKP Siak Wan Ibrahim, dan Kepala BAPPEDA Siak Yan Pranajaya, merasa sangat terhormat dan diakui sebagai undangan istimewa. Karena Siak dipercaya sebagai "Pembicara Utama" atas keberhasilan Pemdakab Siak menangani masalah Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

"Siak dijadikan pembicara utama atas keberhasilannya menangani masalah Karlahut, selain itu Pemerintah Jepang juga akan membantu indonesia dalam bidang Teknologi pendataan dini kebakaran lahan dan hutan, termasuk juga terhadap Sungai Siak yang tercemar oleh limbah industri, serta Teknologi pengelolaan air bersih, dan "Bea Siswa" bagi Anak-anak Siak yang ingin belajar di University Chiba Jepang", lanjut Irving.

Dikatakannya juga, pada rangkaian kegiatan yang digelar di University Chiba Jepang itu, Sekdakab Siak telah menandatangani kesepakatan kerjasama alias Memorandum Of Understanding (MOU) antara pihak Pemerintah Jepang dengan Kabupaten Siak.

"Kemarin sudah ditandatangani nota kesepakatan MOU oleh Pak Sekda. Dan sebenarnya kita harus bangga, Negara sebesar Jepang telah menetapkan Siak. Untuk "Pembicara Utama" tentang masalah Karlahut", sambungnya lagi.

Terkait masalah biaya operasional keberangkatan para Pejabat Siak ke Negeri Sakura Jepang itu, Kadis BMP Siak mengakui jika biayanya ditanggung oleh masing-masing orang. Dan tidak ada membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Siak. Karena semua itu dilakukan demi kemajuan "Negeri Istana" untuk masa sekarang dan masa yang akan datang.

"Dan untuk biaya keberangkatan pulang-pergi ke University Chiba Jepang itu, biayanya ditanggung oleh masing-masing orang, kami selesai tanggal 24 November 2016. Dan sekarang kami sudah terbang ke Jakarta, mau meluncur ke Pekanbaru, dan kembali ke Siak", tutupnya. (Mul)


Anda punya informasi menarik atau ingin berbagi berita
Silahkan SMS ke : 085365964789
Atau via email: mulriauglobal@gmail.com
( Mohon Lengkapi Data Diri )

Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(1087) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Jumat, 12/06/2015 - 20:23:21 WIB
Minum Baygon
Udin Nyaris Tewas Di Selatpanjang
Sabtu, 19/10/2013 - 12:16:45 WIB
BKKKS Taja Jambore Komunitas Rakyat Terpencil
Jumat, 12/06/2015 - 20:00:00 WIB
Gerak Jalan Santai Bersama Masyarakat Merbau
Bupati Irwan Ajak Warga Nyanyi Bersama Hingga Latih Baris-Berbaris Siswa SD
Jumat, 12/06/2015 - 19:46:01 WIB
Rangkaian Harkop ke 68
Diskop UMKM Bengkalis Gelar Kegiatan Sunatan Massal
Jumat, 12/06/2015 - 19:50:30 WIB
Kemenag RI Terbitkan Rekomendasi Pendirian ISQ Syekh Ibrahim.
Sabtu, 06/06/2015 - 01:39:47 WIB
LSM Suluh Kuansing Terus Dalami Data Dugaan Penggelapan Anggaran di BAPPEDA.
Jumat, 12/06/2015 - 23:31:57 WIB
Wakil Walikota Pekanbaru Silaturrahmi dengan IPPK Kota Pekanbaru
Sabtu, 06/06/2015 - 20:21:36 WIB
Dalam Rangka Milad ke 50 Kabupaten Inhil Tahun 2015
Pemkab Inhil Buka Turnamen Catur Terbuka
Sabtu, 06/06/2015 - 20:15:32 WIB
Peringati HPN 2015
PWI Meranti dan BRK Salurkan Paket Sembako
Sabtu, 06/06/2015 - 01:29:45 WIB
Di Duga PT Arara Abadi, Menyerobot Lahan Masyarakat
Jumat, 26/09/2014 - 05:55:36 WIB
Ketua FORKI Riau : Imbangi dengan Prestasi
Atlit Binaan RAPP Sumbangkan 12 Medali Bagi Pelalawan
Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved